5 Calon Pengganti Thomas Tuchel di Chelsea

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 September 2022
5 Calon Pengganti Thomas Tuchel di Chelsea
Graham Potter (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea telah membuat keputusan besar di awal musim 2022-2023. Mengawali era baru di bawah kepemilikan Todd Boehly, pengusaha asal Amerika Serikat itu melakukan revolusi dan Thomas Tuchel jadi 'korban' dalam revolusi tersebut.

Per Rabu (07/09) sore WIB Chelsea memutuskan memecat pelatih asal Jerman berusia 49 tahun, Thomas Tuchel. Kekalahan 0-1 dari Dinamo Zagreb di Liga Champions seolah meyakinkan manajemen Chelsea untuk memecat Tuchel.

"Klub sepak bola Chelsea hari ini telah berpisah dengan Pelatih Kepala Thomas Tuchel," tutur pernyataan di situs resmi Chelsea.

Baca Juga:

Dinamo Zagreb 0-1 Chelsea: Kado Pahit Perayaan 100 Laga Thomas Tuchel

Thomas Tuchel Jadi Korban Revolusi Chelsea Era Todd Boehly

Usai Kalah dari Dinamo Zagreb, Chelsea Pecat Thomas Tuchel

"Atas nama semua orang di Chelsea FC, Klub ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Thomas dan stafnya atas semua upaya mereka selama mereka bersama klub. Thomas akan memiliki tempat dalam sejarah Chelsea setelah memenangkan Liga Champions, Piala Super dan Piala Dunia Antarklub pada masanya di sini."

"Ketika grup kepemilikan baru mencapai 100 hari sejak mengambil alih klub, dan karena terus bekerja keras untuk membawa klub maju, pemilik baru percaya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan transisi ini."

"Staf pelatih Chelsea akan bertanggung jawab atas tim untuk pelatihan dan persiapan pertandingan mendatang kami saat Klub bergerak cepat untuk menunjuk pelatih kepala baru. Tidak akan ada komentar lebih lanjut sampai penunjukan pelatih kepala baru dibuat."

Thomas Tuchel melatih Chelsea sejak Januari 2021 setelah sebelumnya melatih Borussia Dortmund dan PSG. Tuchel mempersembahkan titel Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Klub sementara dilatih oleh Anthony Barry sampai ada penunjukkan pelatih baru. Menilik dari berbagai sumber, berikut calon pengganti Thomas Tuchel di Chelsea:

1. Graham Potter

Pelatih berusia 47 tahun sudah membesut Brighton & Hove Albion sejak 2019. Melalui performa Brighton di lapangan pertandingan, reputasi Graham Potter terkenal di Inggris: Brighton tampil menghibur penonton dengan permainan cepat dan efisien.

Menurut pengamat sepak bola Guillem Balague, Potter punya klausul pembelian 16 juta poundsterling dan jadi target utama Boehly. Mantan pelatih Ostersund dan Swansea City jadi prioritas pengganti Tuchel sejauh ini.

2. Mauricio Pochettino

Tidak sedang melatih klub dan jadi opsi kandidat lainnya. Mauricio Pochettino (50 tahun) punya pengalaman melatih di Premier League, dengan Southampton (2013-2014) dan Tottenham Hotspur (2014-2019).

Pochettino juga punya pengalaman melatih Espanyol dan PSG. Kembali ke Premier League akan jadi tantangan baru baginya, terutamanya melatih Chelsea yang di atas kertas punya kualitas skuad yang bagus.

3. Zinedine Zidane

Usai melatih Real Madrid di periode dua pada 2019-2021, Zinedine Zidane tak lagi melatih klub atau timnas. Tetapi Zidane memang dikaitkan dan diplot sebagai suksesor Didier Deschamps di timnas Prancis, setelah Piala Dunia 2022.

Karier kepelatihan Zidane baru seumur jagung dan tidak banyak pengalaman, tapi fakta ia menjuarai tiga Liga Champions beruntun di Madrid akan selalu jadi pertimbangan yang diperhitungkan di dalam CV-nya tersebut.

4. Roger Schmidt

Satu lagi nama yang jadi pertimbangan dan juga berasal dari Jerman. Roger Schmidt kaya pengalaman karena pernah melatih RB Salzburg, Bayer Leverkusen, Beijing Guoan, PSV Eindhoven, dan kini dengan Benfica.

Schmidt (55 tahun) baru mulai melatih Benfica pada Mei 2022 dan cukup sulit melihatnya pergi. Schmidt juga terkenal dengan sepak bola gegenpress, bahkan di masa lalu ia pernah terkenal meminta timnya dengan sengaja bermain bertahan agar bisa melakukan pressing dan langsung melancarkan serangan balik.

5. Joachim Low

Tidak sedang melatih pasca meninggalkan timnas Jerman pada 2021 setelah melatihnya sejak 2006. Joachim Low (62 tahun) terkenal sebagai pelatih timnas, tapi ia juga pengalaman melatih klub seperti Stuttgart, Fenerbahce, Karlsruher, dan Austria Wien.

Joachim Low bisa jadi opsi dan solusi murah bagi Chelsea, meski ia bukan favorit untuk direkrut. Satu nama lain yang juga familiar dengan Chelsea adalah Guus Hiddink.

Chelsea Trivia Sepak Bola Thomas Tuchel Mauricio Pochettino Zinedine Zidane Graham Potter
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan