BolaSkor.com - Bali United memastikan diri menjadi juara Liga 1 2019. Kepastian diperoleh setelah menang 2-0 atas Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (2/12), dalam laga ke-30.

Bali United hanya membutuhkan hasil seri atau satu poin untuk memastikan gelar juara setelah mengumpulkan 60 poin dari 29 laga. Kekalahan juga bisa mengantarkan Bali United ke gelar, apabila Borneo FC takluk dari PSM Makassar.

Borneo FC akhirnya bermain 2-2 kontra PSM Makassar. Borneo FC mengumpulkan 46 poin, sehingga poin maksimal yang bisa didapatkan melalui empat laga sisa yaitu 58.

Dua gol kemenangan Bali United diborong oleh Ilija Spasojevic. Masing-masing pada menit ke-51 dan 85.

BolaSkor.com menyajikan sedikit fakta gelar juara Liga 1 2019 yang diperoleh Bali United. Apa saja?

1. Bali United memastikan gelar juara dengan empat laga sisa. Pada partai ke-30-nya Bali United mengumpulkan 63 poin lewat 19 kemenangan, enam hasil seri, dan lima kekalahan.

Jumlah poin yang dikumpulkan sudah tak bisa dilampaui oleh pesaing terdekat. Bali United masih bisa memperbesar jumlah poin hingga maksimal 75 apabila menyapu bersih sisa laga dengan kemenangan.

Baca Juga:

Bali United Pastikan Gelar Juara Usai Kalahkan Semen Padang 2-0

TIRA-Persikabo Buat Keputusan, Rahmad Darmawan Selesai sebagai Pelatih

2. Ini menjadi gelar pertama Bali United di liga setelah muncul menjelang musim 2015. Bali United hadir setelah Persisam Putra secara resmi memutuskan cabut dari Samarinda menuju Bali pada Desember 2014.

Pada musim 2017, Bali United hanya finis di tempat kedua di bawah Bhayangkara FC yang menjadi juara. Adapun pada musim 2018, Serdadu Tridatu berakhir di tempat ke-11.

3. Stefano Cugurra merasakan gelar juara Liga Indonesia dua kali berturut-turut. Pada musim 2018, Teco, panggilan Stefano Cugurra membawa Persija Jakarta menjadi kampiun.

Teco tak sendiri merasakan gelar juara untuk kedua kali. Eks Persija seperti Gunawan Dwi Cahyo dan Michael Orah, termasuk asistennya yang mengurusi fisik Yogi Nugraha merasakan hal serupa setelah mengikuti jejak Teco di awal musim.

4. Gelar yang diperoleh Bali United sekaligus meneruskan tren di Liga Indonesia. Sejak Liga Indonesia berjalan mulai musim 2008-2009, tak ada tim yang meraih gelar secara berturut-turut.

5. Sebagai juara, Bali United berhak mendapatkan satu slot di kompetisi Asia. Pada 2018, Bali United mencicipi Piala AFC 2018 setelah gagal di play-off Liga Champions Asia 2018. Di Piala AFC 2018, Bali United terhenti di fase grup.