BolaSkor.com - MotoGP 2020 menghadirkan beragam kisah menarik. Mulai dari Marc Marquez yang hanya menjalani satu seri, hingga Joan Mir yang menjadi juara dunia dengan rekor kemenangan terminim terjadi musim ini.

MotoGP 2020 dihelat dalam situasi pandemi virus corona. Hal itu membuat penyelenggara memutuskan memangkas jumlah balapan.

Di beberapa seri, penonton juga tak boleh hadir. Hanya MotoGP San Marino yang dihadiri penggemar secara langsung di tribun.

Baca Juga:

Rider Tim Satelit Invasi Podium, Kejadian 16 Tahun Silam Terulang

15 Tahun Berseragam Biru, Rossi Sudahi Asmara dengan Yamaha

Kejutan juga kerap terjadi di setiap seri MotoGP. Seperti rider tim satelit yang mendominasi, hingga pemenang balapan yang tak diduga seperti Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Selain itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, turut merasakan pil pahit pada MotoGP 2020. The Doctor menjalani musim terburuk dalam kariernya.

Lantas, apa saja fakta menarik yang terjadi pada MotoGP 2020? Pembaca BolaSkor.com bisa menyimak di bawah ini.

1 Suzuki Tuntaskan Dahaga

Berbicara MotoGP 2020 tak bisa lepas dari Suzuki. Tak diunggulkan di awal, pabrikan asal Jepang itu justru membuat kejutan.

Joan Mir dan Alex Rins mengubah citra Suzuki. Mir bahkan mengunci gelar juara dunia musim ini.

Setelah 20 tahun menanti, akhirnya Suzuki melepas dahaga gelar di MotoGP.

2 Dominasi Pembalap Spanyol

Joan Mir membuat kejutan dengan menjadi juara dunia MotoGP 2020. Rider berusia 23 tahun itu turut melanjutkan dominasi pembalap Spanyol di MotoGP.

Sejak 2012, pembalap Spanyol selalu keluar sebagai juara dunia. Dimulai dari Jorge Lorenzo pada 2012, hingga Marc Marquez pada 2019.

Mir kemudian melanjutkan tongkat estafet. Dalam delapan tahun, belum ada pembalap dari negara lain yang menjadi juara dunia di MotoGP.

3 Hanya Perlu Satu Kemenangan untuk Jadi Juara Dunia

Siapa bilang menjadi juara dunia harus selalu naik podium tertinggi? Joan Mir membantah hal tersebut.

Mir menjuarai MotoGP 2020 hanya berbekal satu kemenangan. Itu pun didapat Mir menjelang berakhirnya musim.

Sebelumnya tak pernah ada pembalap yang hanya mencicipi satu kemenangan dan menjadi juara dunia. Mir adalah sebuah pengecualian.

4 Musim Pilu Valentino Rossi

MotoGP 2020 menjadi momen terakhir Valentino Rossi berseragam Yamaha. Sayangnya, di musim terakhir ini pula The Doctor mencatat hasil buruk.

Dalam kariernya, Rossi selalu berhasil finis di posisi 10 besar klasemen. Namun, kali ini, Rossi harus puas menempati peringkat 15.

Juara dunia sembilan kali itu hanya meraup 66 poin pada MotoGP 2020. Catatan itu merupakan yang terburuk bagi Rossi.

5 Tak Ada Dominasi Pembalap di MotoGP 2020

Dengan jumlah seri yang sedikit, MotoGP 2020 justru menghadirkan banyak pemenang seri. Total ada sembilan pembalap yang berhasil merebut podium tertinggi yakni

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), MaverickVinales (Monster EnergyYamaha), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), Andrea Dovizioso (Ducati), Alex Rins (Suzuki), Brad Binder (KTM), Miguel Oliveira (KTM Tech 3), Danilo Petrucci (Ducati) dan Joan Mir (Suzuki).