BolaSkor.com - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, harus mengucap selamat tinggal kepada warna biru kebangaan yang selalu dikenakannya setiap akhir pekan. Mulai musim depan, The Doctor akan berganti seragam.

MotoGP Portugal yang berlangsung di Sirkuit Portimao, Minggu (22/11) menandai berakhirnya perjalanan 15 tahun Rossi bersama Yamaha. Suka, duka, manis, serta pahit sudah pernah dirasakan The Doctor bersama pabrikan asal Jepang tersebut.

Di Yamaha, Rossi merebut empat gelar juara dunia yakni pada 2004, 2005, 2008, dan 2009. Dengan empat gelar tambahan di Yamaha, Rossi mengoleksi sembilan titel sejauh ini.

Pada 2015, Rossi berkesempatan menggenapi raihan juara menjadi 10. Sayang, kala itu, Rossi kalah bersaing dengan Jorge Lorenzo yang merupakan rekan setimnya.

Baca Juga:

Hasil MotoGP Portugal: Tuah Tuan Rumah dan Suzuki Antiklimaks

Soal Titel Juara Dunia ke-10, Valentino Rossi Sudah Hilang Asa

Adapun 2016 menjadi musim terakhir Rossi tampil kompetitif. MotoGP 2016 menjadi kali terakhir Rossi menjadi runner up sebelum akhirnya kesulitan seperti saat ini.

Dengan segudang pengalaman manis, Rossi justru menyudahi perjalanan dengan Yamaha dengan pahit. Pada balapan terakhir, rider berusia 41 tahun itu hanya finis di urutan 12. Posisi akhir Rossi di klasemen juga buruk yakni peringkat 15.

Yamaha masih sayang Rossi, tetapi regenerasi tetap harus dilakukan. Musim depan, posisi The Doctor akan digantikan Fabio Quartararo.

Rossi memang akan berganti seragam, tetapi ia tetap berada di Yamaha sebagai rider tim satelit. Yamaha menempatkan Rossi sebagai tandem Franco Morbidelli pada MotoGP 2021 di Petronas Yamaha.