BolaSkor.com - Pada Jumat, 9 September 2022, akan dihelat pertandingan di antara juara Arab Saudi dan Mesir pada laga bertajuk Piala Super Lusail. Itu juga akan jadi laga pembuka di Stadion Lusail.

Lusail akan jadi stadion kedelapan dan juga final yang dikenalkan untuk stadion Piala Dunia 2022 Qatar, setelah Khalifa International, Al Janoub, Education City, Ahmad Bin Ali, Al Thumama, Al Bayt, dan Stadion 974.

Lusail jadi salah satu stadion terbesar di Qatar yang dapat menampung hingga 80.000 suporter. Selain itu, Lusail juga akan digunakan sebagai venue di setiap tahapan pada Piala Dunia 2022 termasuk final yang dihelat pada 18 Desember 2022.

Baca Juga:

7 Kandidat Top Skorer di Piala Dunia 2022

7 Pemain yang Berpotensi Pensiun Usai Piala Dunia 2022

5 Calon Tim Kuda Hitam di Piala Dunia 2022

Dengan kemegahan dan betapa besarnya Lusail, tidak salah menyebutnya sebagai permata gurun yang hanya dimiliki Qatar. Berikut lima fakta menarik yang perlu diketahui mengenai Stadion Lusail:

1. Infrastruktur

Desain dari Stadion Lusail dibangun dengan tema futuristik, termotivasi dengan warna kontras cahaya dan bayangan yang mendefinisikan lentera fanar. Meski modern tapi Lusail juga merepresentasikan sedikit mengenai sejarah budaya.

Selain itu, bentuk dan fasad stadion juga bermotif dekoratif yang rumit pada lekukan dan karakteristik lain yang menjadi ciri zaman keemasan seni dan keahlian di dunia Arab dan Islam.

2. Venue Final

Dengan fakta Lusail akan menghelat delapan laga di Piala Dunia 2022, itu sudah menjadi bukti nyata kelayakan Lusail jadi tempat final Piala Dunia. Jumlah itu sudah melebihi venue lainnya.

Sebagai tambahan selain akan jadi stadion tempat enam laga di fase grup berlangsung, Lusail juga akan jadi venue di fase 16 besar, perempat final, semifinal, dan final. Laga pertama yang dihelat di Lusail terjadi di fase grup C antara Arab Saudi melawan Argentina pada 22 November.

3. Tempat Berkumpul

Stadion menjadi tempat berkumpul fans kala pertandingan berlangsung sudah jadi hal yang lumrah. Begitu juga Lusail. Berbagai fasilitas umum akan dibangun di sekitar stadion untuk memanjakan fans mulai dari tempat tinggal, toko, restoran, fasilitas perawatan kesehatan, dan juga sekolah.

Setelah Piala Dunia juga, bagian atas tier stadion juga akan digunakan kembali dan kursi-kursinya disumbangkan untuk komunitas, yang tidak memiliki infrastruktur olahraga mumpuni.

4. Stadion Ramah Lingkungan

Lusail menghemat air 40 persen lebih banyak dari pembangunan stadion konvensional lainnya, sebab mereka menerapkan praktik pembangunan jangka panjang dan juga mengukur dengan baik daur ulang air limbah.

Air daur ulang itu digunakan untuk menyiram tanaman di sekitar venue. Juga dengan bahan mutakhir Polytetrafluoroethylene (PTFE), atap melindungi stadion dari angin hangat, mencegah debu, serta memungkinkan cahaya masuk dengan cukup untuk rumput di lapangan serta keteduhan di dalam area.

5. Dekat dengan Transportasi Publik

Jika Anda melihat laga langsung di Stadion Lusail Anda memiliki banyak akses ke sana, termasuk dengan transportasi publik. Pengguna Kartu Hayya dapat menggunakan sistem transportasi publik Qatar gratis dari tanggal 11 November hingga 23 Desember 2022.

Fans juga dapat mengakses stadion dengan menggunakan Doha Metro dan tiba di Stasiun Lusail QNB, dekat dengan Stadion Lusail.

Pengemudi juga akan dapat mengakses stadion dari Al Khor Expressway. Akan ada sejumlah fasilitas park and ride di dekat stadion. Pasca 2022, masyarakat akan dapat mencapai fasilitas tersebut dengan menggunakan Light Rail Tram Lusail.