5 Gelandang Brasil Sebelum Casemiro yang Direkrut Manchester United

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 21 Agustus 2022
5 Gelandang Brasil Sebelum Casemiro yang Direkrut Manchester United
Fred (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United berhasil membajak Casemiro dari Real Madrid. Pemain berusia 30 tahun itu pun menambah daftar gelandang berkebangsaan Brasil yang pernah memperkuat Setan Merah.

Manchester united dengan cepat merampungkan pembelian Casemiro. Padahal rumor transfernya baru terdengar pada awal pekan ini.

Manchester United kabarnya harus mengeluarkan dana sekitar 60 juta euro untuk menebus Casemiro. Jumlah tersebut bisa bertambah hingga 10 juta euro lagi tergantung performa sang pemain.

Baca Juga:

7 Pemain yang Meraih Kesuksesan Usai Meninggalkan Real Madrid

3 Alasan Casemiro Sudah Tepat Memilih Pindah ke Manchester United

Casemiro dan Hobi Manchester United Beli Pemain Madrid dengan Harga Tinggi

Kehadiran Casemiro bisa menjadi solusi dari permasalahan lini tengah Manchester United. Tim asuhan Erik ten Hag tersebut memang tidak memiliki seorang gelandang bertahan murni bertipe petarung.

Namun hal ini tak otomatis membuat Casemiro dengan mudah dapat meraih kesuksesan di Manchester United. Apalagi sudah banyak pemain bintang yang sinarnya meredup saat pindah ke Old Trafford.

Casemiro setidaknya bisa belajar dari pengalaman lima gelandang asal Brasil yang lebih dulu memperkuat Manchester United. Siapa saja mereka? Berikut ini rangkumannya:

1. Kleberson

Kleberson merupakan pemain asal Brasil pertama yang mendapat kehormatan membela Manchester United. Ia direkrut dari Atletico Paranaense pada musim panas 2003 setelah satu tahun sebelumnya bersinar saat berlaga di Piala Dunia.

Sayangnya Kleberson gagal menjawab ekspektasi tinggi yang mengiringi kedatangannya. Ia kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris yang lebih mengandalkan fisik.

Kleberson bahkan langsung mengalami cedera saat mencatatkan penampilan keduanya dengan seragam Manchester United. Masalah ini membuatnya kesulitan menembus skuat utama lagi.

Kleberson tercatat hanya bertahan dua musim dan mencatatkan 30 penampilan serta membukukan dua gol. Ia kemudian pindah ke Besiktas dan namanya kemudian semakin menghilang.


2. Anderson

Anderson menjadi gelandang asal Brasil kedua yang didatangkan Manchester United. Kali ini keputusan tersebut terbukti jitu.

Anderson datang pada musim panas 2007 usai dibeli dari FC Porto. Saat itu dirinya berstatus salah satu wonderkid terbaik di dunia.

Anderson yang kala itu baru berusia 19 tahun sempat kesulitan menembus skuat utama Manchester United. Namun kesabaran dan kerja keras membuatnya secara perlahan menjadi andalan lini tengah.

Anderson sampai saat ini masih menyandang gelandang Brasil tersukses di Manchester United. Selama 8 tahun mengabdi, ia mampu mempersembahkan sembilan trofi bergengsi.


3. Rodrigo Possebon

Setahun setelah kedatangan Anderson, Manchester United kembali merekrut gelandang muda berkebangsaan Brasil. Kali ini Rodrigo Possebon ditransfer dari Internacional.

Possebon saat itu baru berusia 18 tahun. Ia sempat dianggap sebagai salah satu gelandang muda paling menjanjikan.

Skill individu di atas rata-rata dan tinggi 185 meter membuat Possebon sangat ideal untuk menjadi seorang gelandang. Ia juga tampil menjanjikan saat melakoni debut sebagai pengganti kontra Newcastle United, 17 Agustus 2008.

Namun petaka menghampiri Possebon tak lama kemudian. Ia harus absen panjang karena mengalami cedera parah usai ditekel keras oleh Emmanuel Pogatetz pada laga kontra Middlesbrough di Piala Liga.

Possebon butuh waktu lama untuk pulih dari cedera. Performanya juga tak langsung kembali seperti sebelumnya.

Manchester United pun memilih meminjamkannya ke Braga semusim berselang. Sayangnya, performa Possebon tak kunjung membaik hingga akhirnya dilepas ke Santos pada musim panas 2010.


4. Andreas Pereira

Andreas Pereira menjadi gelandang Brasil selanjutnya yang gagal menjawab ekspektasi tinggi di Manchester United. Performa yang inkonsisten membuatnya sulit merebut tempat utama.

Pereira diboyong Manchester United dari akademi PSV Eindhoven pada awal tahun 2012. Ia kemudian membeli berbagai tim kelompok umur sebelum promosi ke tim utama pada musim 2014-2015.

Penggemar Manchester United sempat menaruh harapan tinggi kepada Pereira. Selain punya skill individu di atas rata-rata, dirinya juga cukup piawai dalam mengeksekusi tendangan bebas.

Namun sejumlah kesempatan yang diberikan gagal dimanfaatkan Pereira dengan maksimal. Manchester United pun sempat meminjamkannya ke sejumlah klub demi menambah jam terbang.

Manchester United akhirnya resmi berpisah dengan Pereira pada musim panas ini. Fulham yang baru promosi kembali ke Premier League bersedia membelinya dengan biaya sekitar 10 juta poundsterling.


5. Fred

Fred menjadi gelandang Brasil terakhir sebelum Casemiro yang mengadu nasib di Manchester United. Pemain bernama lengkap Frederico Rodrigues de Paula Santos itu didatangkan Jose Mourinho pada musim panas 2018.

Namun seperti gelandang asal Brasil lainnya, Fred butuh waktu untuk bersinar di Manchester United. Kedatangan Ole Gunnar Solskjaer sebagai pengganti Mourinho turut membantunya.

Fred secara perlahan menjadi andalan lini tengah Manchester United. Meski begitu, dirinya kerap menjadi kambing hitam dari hasil minor yang diraih raksasa Inggris tersebut.

Menariknya, Fred merupakan rekan duet Casemiro di Timnas Brasil saat ini. Bukan tidak mungkin hal serupa akan terjadi juga di Manchester United.

Manchester United Casemiro Fred Andreas Pereira Anderson Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan