BolaSkor.com - Reli Dakar, seperti biasa bakal jadi event motorsport bergengsi yang selalu berlangsung pada awal tahun. Diklaim sebagai ajang reli paling ganas di dunia, ajang ini memiliki makna spesial untuk musim 2020.

Sebelum mengikuti jalannya persaingan Reli Dakar 2020 yang dimulai Minggu (05/01), BolaSkor.com sudah mengumpulkan beberapa fakta menarik mengenai ajang yang digelar satu tahun sekali ini.

Baca Juga:

Fernando Alonso Tidak Bidik Kemenangan di Reli Dakar

Persiapan Reli Dakar 2020, Fernando Alonso Ikuti Lomba di Arab Saudi

Ilustrasi Lomba di Gurun Pasir
Ilustrasi Lomba di Gurun Pasir (Istimewa)

1. Pertama Kali di Arab Saudi

Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Reli Dakar berlangsung di Arab Saudi. Selama dua pekan lomba, para peserta akan menempuh jarak 7500 km dan 5000 km di antaranya merupakan special stages.

2. Mayoritas Lomba Berlangsung di Gurun Pasir

Arab Saudi dikenal sebagai negara yang memiliki banyak area gurun pasir. Penyelenggara pun memastikan, mayoritas medan lomba berlangsung di gurun pasir. Tipe medan lomba gurun pasir dipastikan sangat sulit. Karena peserta tidak mengetahui apa yang bakal dihadapi di depan.

3. Hanya Satu Hari Libur

Reli Dakar 2020 berlangsung selama dua pekan. Yang artinya fisik para pereli bakal sangat dituntut dalam kondisi prima. Apalagi hanya ada satu hari libur yang dijadwalkan ada di tanggal 11 Januari.

Toby Price
Juara Kategori Motor Reli Dakar 2019, Toby Price (Istimewa)

4. 5 Kategori Lomba

Selain itu, Reli Dakar 2020 juga melombakan lima kategori lomba. Kelimanya adalah mobil, motor, truk, quad, dan SSV. Para peserta yang mengikutinya tidak hanya kalangan profesional, melainkan juga amatir.

5. Persaingan Menarik

Hal terakhir tentunya yang paling dinantikan. Adalah jalannya persaingan yang diprediksi bakal menarik. Alasan utama pastinya soal semua peserta belum pernah berlomba di Arab Saudi sebelumnya, sehingga buta medan lomba.

Fernando Alonso
Caption

Selain itu, keberadaan nama-nama pembalap seperti Fernando Alonso semakin meramaikan persaingan. Alonso sendiri eks Formula 1 yang bakal menjalani debut di Reli Dakar 2020. Dia bakal saling sikut melawan banyak pereli unggulan di kategori mobil seperti juara bertahan, Nasser Al-Attiyah, Giniel De Villiers sampai Stephane Peterhansel.*