BolaSkor.com - Derby Merseyside akan kembali digelar dalam lanjutan Premier League 2020-2021, akhir pekan nanti. Ini menjadi momentum bagi Everton untuk memperbaiki rekor pertemuannya kontra Liverpool.

Meski menjadi salah satu derby paling panas di Inggris, rekor pertemuan Liverpool dan Everton relatif kurang seimbang. The Reds memiliki jumlah kemenangan yang jauh lebih banyak ketimbang rival sekotanya.

Liverpool dan Everton secara keseluruhan sudah bertemu sebanyak 235 kali di semua kompetisi. Dari jumlah tersebut, The Toffees hanya membukukan 66 kemenangan.

Baca Juga:

Nostalgia - Kemenangan Terakhir Everton di Derby Merseyside Kirim Liverpool ke Zona Degradasi

Fakta-fakta Menarik Curtis Jones, Scouser yang Mencetak Gol di Derby Merseyside

Kecenderungan Unik Jurgen Klopp Tiap Kali Memainkan Derby Merseyside

Hal itu berbanding terbalik dengan jumlah kemenangan Liverpool yang mencapai 93 buah. Hasil imbang bahkan lebih banyak dari kemenangan Everton yaitu 76 kali.

Everton juga sudah puasa kemenangan selama 10 tahun. Terakhir kali mereka mengalahkan Liverpool pada musim 2010-2011.

Musim ini menjadi momentum kebangkitan Everton. Saat ini jarak kedua tim hanya dipisahkan tiga poin pada klasemen sementara.

Kondisi Liverpool yang menelan tiga kekalahan beruntun di liga juga harus dimanfaatkan Everton. Bukan tidak mungkin rekor buruk mereka akan terhenti meski laga akan berlangsung di Anfield.

Dalam sejarah Derby Merseyside, Everton pernah beberapa kali memberikan kekalahan menyakitkan kepada Liverpool. Berikut ini lima di antaranya:

1. Liverpool 0-5 Everton (Divisi satu 1914-1915)

Skuat Everton 1914-1915

Salah satu kekalahan terbesar Liverpool atas Everton terjadi pada 3 Oktober 1914. Saat itu, Merseyside merah takluk dengan skor 0-5 pada lanjutan divisi satu 1914-1915.

Ironisnya, kekalahan tersebut terjadi di markas kebesaran mereka, Anfield. Hal ini tentu menjadi sebuah aib.

Lima gol kemenangan Everton dicetak hanya oleh dua pemain. Joe Clennell menyumbang dua gol, sedangkan Bobby Parker membukukan hat-trick.

Kemenangan tersebut mampu disempurnakan Everton dengan gelar juara di akhir musim. Parker juga merebut gelar top skorer dengan koleksi 35 gol.


2. Liverpool 0-1 Everton (Premier League 1999-2000)

Kemenangan terakhir Everton di Anfield

Laga yang berlangsung pada 27 September 1999 merupakan kali terakhir Everton meraih kemenangan di Anfield. Tim yang diasuh Walter Smith menang dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal kemenangan Everton dicetak oleh Kevin Campbell pada menit keempat. Usaha Liverpool untuk mencetak gol balasan tak membuahkan hasil hingga pertandingan usai.

Laga ini juga berlangsung keras karena wasit harus mengeluarkan tiga kartu merah. Salah satu pemain yang diusir keluar lapangan adalah Steven Gerrard yang kala itu masuk sebagai pemain pengganti.

Sementara dua kartu merah lain diberikan kepada Sander Westerveld dan Francis Jeffers. Kedua pemain terlibat aksi baku pukul usai saling berbenturan.


3. Everton 3-0 Liverpool (Premier League 2006-2007)

Kemenangan terbesar Everton di Derby Merseyside dalam 42 tahun terakhir.

Kekalahan tak kalah menyakitkan dirasakan Liverpool pada Premier League 2006-2007. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Goodison Park, mereka takluk 0-3 dari Everton.

Tuan rumah benar-benar mendominasi jalannya pertandingan. Tiga gol kemenangan Everton dicetak oleh Tim Cahill dan sepasang gol Andy Johnson.

Itu merupakan kemenangan terbesar Everton atas Liverpool dalam 42 tahun terakhir sebelum pertandingan tersebut. Hingga sekarang, mereka belum mampu lagi mengulangi skor fantastis tersebut.


4. Everton 1-0 Liverpool (Piala FA 2008-2009)

Liverpool tersingkir secara tragis dari Piala FA 2008-2009.

Liverpool dan Everton harus melakoni partai ulangan kala bertemu di putaran keempat Piala FA 2008-2009. Pada pertemuan pertama, kedua tim bermain imbang 1-1 di Anfield.

Kedua tim kembali berduel sengit saat Everton gantian bertindak sebagai tuan rumah. Kedua tim bahkan harus melakoni masa perpanjangan waktu karena bermain imbang 0-0 hingga waktu normal berakhir.

Everton akhirnya meraih kemenangan dramatis setelah Dan Gosling sukses menjebol gawang Pepe Reina. Gol itu terjadi hanya dua menit sebelum laga berlanjut ke babak adu penalti.


5. Everton 2-0 Liverpool (Premier League 2010-2011)

Liverpool sempat terperosok ke zona degradasi usai takluk dari Everton.

Liverpool pernah dikirim ke zona degradasi oleh Everton. Momen itu terjadi pada Premier League 2010-2011.

Liverpool dipaksa turun ke zona merah setelah kalah 0-2 atas Everton di Goodison Park pada pekan kedelapan, 17 Oktober 2010. Dua gol kemenangan tuan rumah dicetak Tim Cahill dan Mikel Arteta.

Kekalahan tersebut sempat membuat Liverpool berada di titik nadir. Namun hasil itu juga kali terakhir Everton meraih kemenangan dalam Derby Merseyside.