BolaSkor.com - Hanya kurang dari satu hari lagi Piala AFF 2020 akan dimulai. Piala AFF kerap menghadirkan deretan pemain muda berkualitas.

Sebagai contoh Boaz Solossa menjadi mutiara yang bersinar di Piala Tiger (Piala AFF) 2004. Saat itu, umurnya masih 18 tahun. Ia mampu tampil gemilang sebagai starter sampai Timnas Indonesia melaju ke final.

Piala AFF 2020 akan berlangsung terpusat di Singapura pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Grup A dihuni oleh tuan rumah Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Sedangkan Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.

Lalu siapa saja pemain muda yang diprediksi bakal bersinar di Piala AFF 2020. Berikut ulasannya yang disusun oleh BolaSkor.com:

Baca Juga:

Cegah COVID-19, Pemain Timnas Makan Pakai Boks dan Dilarang Keluar Hotel

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

1. Thanawat Suengchitthawon (Thailand)

Thanawat Suengchitthawon
Thanawat Suengchitthawon. (Istimewa)

Thanawat Suengchitthawon merupakan pemain keturunan Thailand-Prancis. Ia pernah membela timnas Prancis U-16 dan U-17. Namun, ia memutuskan menjadi Warga Negara Thailand untuk membela The War Elephants pada tahun 2021.

Gelandang serang berusia 21 tahun ini tercatat membela Leicester City. Ia bergabung dengan The Foxes sejak September 2020 dan bergabung untuk skuat pengembangan. Ia sempat masuk dalam daftar cadangan skuat senior saat melawan Manchester City pada 3 April 2021.

2. Luqman Hakim Shamsudin (Malaysia)

Luqman Hakim Shamsudin
Luqman Hakim Shamsudin. (Istimewa)

Luqman Hakim Shamsudin mulai dikenal publik sepak bola Malaysia ketika membela tim nasional U-16. Ia mampu mencetak empat gol ke gawang Tajikistan U-16 pada 2018.

Pemain kelahiran 5 Maret 2002 tersebut menandatangani kontrak lima tahun dengan Kortrijk, klub Belgian First Division A, pada 20 September 2019.

Luqman Hakim sempat masuk skuat senior untuk Piala Belgia. Ia berhasil melakoni debut bersama timnas Malaysia senior saat berusia 19 tahun melawan Bahrain, 28 Mei 2021 kemarin.

3. Nguyen Hoang Duc (Vietnam)

Nguyen Hoang Duc
Nguyen Hoang Duc. (Istimewa)

Nguyen Hoang Duc merupakan pemain berumur 23 tahun. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini memiliiki eksekusi tendangan bebas yang bagus.

Pemain asal klub Viettel FC itu sudah 11 kali membela The Golden Stars. Namun belum mencetak gol. Ia pernah mengantarkan Vietnam U-23 merebut medali emas SEA Games 2019 mengalahkan Timnas Indonesia.

4. Witan Sulaeman (Indonesia)

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman. (PSSI)

Witan Sulamen merupakan salah satu pemain muda Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Pemain berumur 20 tahun itu sudah menjadi andalan Timnas Indonesia dari kelompok umur 19 tahun.

Pemain Lechia Gdanks itu mempunyai modal bagus menghadapi Piala AFF 2020, dengan satu gol ke gawang Antalyaspor dalam laga uji coba.

Kemampuan Witan adalah dribbling dan kecepatannya dalam menusuk pertahanan lawan.

5. Egy Maulana Vikri (Indonesia)

Egy Maulana Vikri
Aksi Egy Maulana Vikri. (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

Egy Maulana Vikri merupakan pemain muda dari Timnas Indonesia lainnya, yang diprediksi bersinar di Piala AFF 2020. Pemain berumur 21 tahun tersebut juga sudah menjadi andalan Timnass Indonesia dari kelompok umur 19 tahun.

Egy memiliki modal bagus menghadapi Piala AFF 2020. Pasalnya, ia berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan terakhir FK Senica di Liga Slovakia. Saat itu, FK Senica bermain imbang 2-2 lawan MSK Zilina, Sabtu (27/11) dan Selasa (30/11). Seperti diketahui, laga babak kedua pertandingan tersebut sempat ditunda karena hujan salju lebat.

Namun, Egy baru bisa dilepas oleh FK Senica pada tanggal 12 Desember mendatang. Ia melewatkan laga Timnas Indonesia melawan Kamboja dan Laos.