BolaSkor.com - Bermain di liga-liga top Eropa ketika pemain sudah berusia 30 tahun atau lebih bukanlah perkara mudah, apalagi mereka yang sudah berumur 35 tahun atau lebih. Tapi bagi beberapa pemain usia hanyalah angka di atas secarik keras.

Pada usia senja stamina dan kecepatan memang telah berkurang tapi kualitas natural masih mereka miliki. Bahkan pemain-pemain tersebut masih jadi andalan di klubnya saat ini dan tidak kalah hebat ketimbang pemain muda.

Penyerang Yokohama FC Kazuyoshi Miura alias King Kazu saat ini masih aktif bermain pada usia 53 tahun. Namun tentu saja level sepak bola Asia dan Eropa berbeda. Akan jadi hal yang hebat jika ada mereka di Eropa yang bermain sampai usia 50 tahun lebih.

Baca Juga:

Dituduh Langgar Protokol Kesehatan, Cristiano Ronaldo Lakukan Pembelaan

Derby della Madoninna Dikuasai Striker Berusia 39 Tahun, Zlatan Ibrahimovic

Pengaruh Ibrahimovic di Italia Lebih Besar ketimbang Cristiano Ronaldo

Berikut BolaSkor.com menjabarkan lima pesepak bola top berusia 35 tahun atau lebih yang masih aktif bermain di liga-liga top Eropa. Siapa saja?

1. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic menjadi penentu kemenangan 2-1 AC Milan atas Inter Milan di Derby della Madonnina beberapa waktu lalu. Dua golnya itu menambah golnya musim ini jadi empat gol dan tidak ada yang mencetak gol lebih dari Ibrahimovic di Serie A sejauh ini.

Patut diingat usianya telah berusia 39 tahun dan pada 3 Oktober 2021 menjadi 40 tahun. Kendati demikian karakter, pengalaman, dan kualitasnya menjadi inspirasi Il Rossoneri di ruang ganti pemain dan juga lapangan pertandingan.

Ibrahimovic juga pernah memperkuat Juventus, Inter Milan, Barcelona, PSG (Paris Saint-Germain), dan Manchester United selama berkarier di Eropa. Statusnya sebagai striker top Eropa sudah tidak diragukan lagi.

2. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sudah masuk 'klub usia 35 tahun atau lebih' karena usianya kini berumur 35 tahun. Ronaldo masih prima di usia tersebut dan saat ini membela Juventus setelah sukses meninggalkan Manchester United dan Real Madrid dengan status legenda.

Ketajamannya mencetak gol juga masih terjaga meski saat ini Ronaldo tidak banyak berlari menyisir sisi sayap seperti kala masih berusia muda. Kapten timnas Portugal yang telah meraih lima Ballon d'Or serta lima titel Liga Champions bermain lebih efisien dengan pergerakan berbahayanya di kotak penalti lawan.

Juventus berharap banyak darinya untuk memupus impian titel Liga Champions yang terakhir diraih pada musim 1995/96.

3. Thiago Silva

Thiago Silva

Berkarier profesional sebagai pesepak bola sejak 2002. Thiago Silva (36 tahun) baru bergabung dengan Chelsea di bursa transfer musim panas ini setelah delapan tahun membela PSG. PSG tidak memperpanjang kontraknya.

Bek tengah asal Brasil cukup beruntung Chelsea berminat kepadanya hingga ia bisa menghabiskan sisa-sisa kariernya di liga terbaik dunia (Premier League). Thiago Silva memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat dan kualitas bermain yang dibutuhkan pertahanan Chelsea.

4. Franck Ribery

Franck Ribery

Rekrutan terbaik Fiorentina ketika mereka merekrutnya pada 2019 dari Bayern Munchen. Franck Ribery (37 tahun) meninggalkan Bayern dengan status legenda setelah meraih kesuksesan besar selama 12 tahun membela klub.

Usai meninggalkan Bayern Ribery tidak sekedar ingin 'numpang lewat' di Fiorentina. Winger asal Prancis memiliki pengaruh besar dalam permainan Fiorentina dengan kejeniusannya bermain, kualitas, dan pengalaman besar.

5. Fernandinho

Fernandinho

Memasuki tahun ketujuh membela Manchester City. Usianya sudah berumur 35 tahun tapi Pep Guardiola masih mengandalkannya dalam skuad terkini. Fernandinho bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan juga bek tengah.

Guardiola memercayainya karena Fernandinho paham gaya main sang manajer. Gelandang asal Brasil pekerja keras yang dapat membaca permainan dengan baik, pandai merebut bola dari lawan dan melakukan transisi bermain.

Sebelum membela The Citizens pemain bernama lengkap Fernando Luiz Roza membela Atletico Paranaense dan Shakhtar Donetsk.