5 Tips Aman Ikutan Lomba Lari Virtual

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 24 Juli 2020
5 Tips Aman Ikutan Lomba Lari Virtual
Ilustrasi lari virtual (zimbio)

BolaSkor.com - Masa pandemi virus corona memaksa kegiatan olahraga terganggu. Salah satu olahraga yang mengalami gangguan adalah lari.

Pandemi virus corona atau Covid-19 sudah membatalkan banyak lomba lari, dari tingkatan lokal hingga internasional. Namun belakangan muncul yang dinamakan lari virtual.

Kini runners yang rindu mengikuti lomba lari akbar yang diikuti ribuan orang bisa mengikuti event lari virtual.

Lari virtual memungkinkan untuk beraktivitas lari di luar ataupun di dalam ruang, dengan lokasi dan rute yang ditentukan sendiri. Bisa berlari di jalan raya, di taman sekitar rumah, trek atletik, atau di treadmill sekalipun.

Ke depan, banyak lomba lari virtual yang diagendakan. Sebelum terjun langsung, berikut tips-tips yang perlu diperhatikan.

Baca Juga:

Kisah Kolektor Jersey, Timnas Jadul Tak Bisa Diukur Uang

Mengenal INAF, Wadah bagi Penyandang Disabilitas untuk Bisa Bermain Sepak Bola

1. Pilih Jarak

Meski virtual, jarak yang ditempuh saat lari akan tercatat di aplikasi yang digunakan. Jadi, pilihlah jarak tempuh lari yang sesuai dengan kemampuan.


2. Latihan Sebelum Lomba

Event lari virtual akan mencatat waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak lari yang sudah dipilih. Jika belum terbiasa lari dengan jarak tempuh yang panjang, pastikan berlatih terlebih dahulu untuk memastikan mampu menempuh jarak lari tersebut dalam tenggat waktu yang diberikan.

Latihan juga akan mengurangi risiko cedera karena peningkatan jarak tempuh atau intensitas yang tiba-tiba. Latihan juga bisa menjadi pengukur kekuatan diri agar sukses menyelesaikan rute lari yang dipilih.


3. Pasang Aplikasi yang Dibutuhkan

Untuk mengikuti lomba lari virtual tentunya dibutuhkan aplikasi lari. Saat ini sudah banyak aplikasi lari di pasaran.

Aplikasi yang akan mencatat dan merekam data-data saat berlari, yang nantinya akan diotorisasi saat pendaftaran.


4. Atur Nutrisi

Menjelang hari H, jangan lupa rencanakan juga nutrisi dan hidrasi. Batasi makanan tinggi lemak dan gula, dan perbanyak konsumsi makanan berprotein.

Menjelang waktu lari yang sudah ditentukan, perlu mengonsumsi makanan yang bisa memberi energi berkelanjutan setidaknya dua jam ke depan.

Selain mengatur nutrisi, juga perlu memastikan tercukupinya asupan cairan untuk mencegah dehidrasi. Disarankan, Anda menghidrasi tubuh setiap 1,5-2,5 km.

5. Terapkan Protokol Kesehatan

Salah satu yang wajib dilakukan peserta lomba lari virtual adalah menghindari kerumunan saat berlari. Sebisa mungkin berlari di tempat yang sepi atau berlari berkelompok tidak lebih dari tiga orang.

Sebaiknya pelari tetap membawa masker untuk berjaga-jaga apabila saat berlari di luar bertemu kerumunan massa yang tak bisa dihindari

Selain itu tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan lainnya.

Juli MP X
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan