BolaSkor.com - Barcelona akan kedatangan Valencia pada pertandingan lanjutan LaLiga 2021-2022, di Stadion Camp Nou, Senin (18/10). Rupanya, kedua tim pernah diperkuat dengan sejumlah nama yang sama.

Barcelona membutuhkan tiga poin untuk memperbaiki posisi. Saat ini, Barca tercecer pada posisi kesembilan klasemen sementara. Dari tujuh pertandingan, Barca hanya meraih 12 poin.

Namun, mengalahkan Valencia bukanlah perkara mudah. Valencia memiliki materi pemain yang bisa menyulitkan Barca. Selain itu, Valencia juga berada di peringkat yang lebih baik dari Los Cules.

Baca Juga:

Joan Laporta Ungkap Bobroknya Keuangan Barcelona Era Bartomeu

Partner Bartomeu Klarifikasi Tuduhan dalam Skandal Barcagate

Linimasa Skandal Barcagate di Balik Penangkapan Josep Maria Bartomeu

Sebelum menyaksikan duel tersebut, BolaSkor akan menyajikan enam nama yang pernah memperkuat Barcelona dan Valencia. Berikut ulasannya:

David Villa

Hanya sedikit pemain yang berhasil menjadi legenda di dua klub berbeda, tetapi David Villa berhasil melakukannya di Valencia dan Barcelona. Penyerang asal wilayah Asturia tersebut datang ke Mestalla pada tahun 2005, dan berhasil mencetak 129 gol dalam lima musim untuk menjadi pencetak gol terbanyak kelima dalam sejarah klub.

Villa sering dihubungkan dengan transfer kepindahan dari Mestalla, dan pada akhirnya pindah ke Barcelona di tahun 2010, setelah membantu timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan.

Villa kembali meraih kesuksesan di Camp Nou, di mana berhasil menjuarai LaLiga dan Liga Champions di musim perdana. Kepindahannya ke Barcelona menjadi satu di antara transfer terpenting dalam sejarah Blaugrana.

Jordi Alba

Jordi Alba dikenal sebagai jebolan akademi Valencia, tetapi mulai bermain sepak bola di akademi La Masia milik Barcelona.

Setelah dilepas oleh La Masia, ia pindah ke Cornella lalu ke Valencia. Di sana, Alba berhasil menembus tim utama sebagai satu di antara full back terbaik di dunia.

Alba bermain impresif selama tiga musim di tim utama Valencia. Alba juga berganti posisi dari sayap kiri menjadi bek kiri, posisi yang diembannya hingga saat ini.

Paco Alcacer

Paco Alcacer bermain untuk Valencia sebelum pindah ke Barcelona pada 2016. Alcacer menjadi ujung tombak di Barca selama dua tahun.

Alcacer lahir di pinggiran kota Valencia, lalu bergabung ke akademi Valencia dan mencatatkan debutnya di tim utama dalam usia 17 tahun. Ia mencetak 43 gol dalam 124 pertandingan dan menjabat sebagai kapten klub sebelum bergabung dengan Barcelona.

Bermain di Camp Nou, ia berhasil mencatatkan satu gol setiap 153 menit dan membantu timnya meraih gelar Copa del Rey plus LaLiga. Alcacer kemudian pindah ke Borussia Dortmund, di mana ia melanjutkan performa impresifnya pada pertandingan-pertandingan besar, sebelum kembali ke LaLiga pada tahun 2020 untuk bermain di Villarreal CF.

Gaizka Mendieta

Mantan pemain timnas Spanyol, Gaizka Mendieta, memulai karirnya di Valencia, tepatnya antara tahun 1992 hingga 2001. Ia berhasil membawa Los Che menjuarai Copa del Rey 1999 dan mencetak salah satu gol terbaik turnamen tersebut dalam pertandingan melawan Atletico Madrid.

Kemudian, Mendieta menjadi pemain Spanyol termahal sepanjang sejarah ketika pindah ke Lazio, sebelum kembali ke LaLiga bersama Barcelona sebagai pemain pinjaman.

Andre Gomes

Sekarang bermain untuk Everton, Andre Gomes pernah membela Valencia dan Barcelona. Gelandang asal Portugal tersebut pindah dari Benfica ke Valencia pada musim panas 2014. Ia bermain dua musim untuk Los Che.

Setelah menjuarai Piala Eropa 2016 bersama Portugal, Gomes pindah ke Barcelona dan menghabiskan dua musim di Camp Nou. Mendes merengkuh empat trofi sebelum pindah ke Premier League.

Ronald Koeman (sebagai pelatih)

Pelatih Barcelona saat ini adalah seorang ikon klub; ia adalah bagian dari Dream Team asuhan Johan Cruyff pada 1990-an dan mencetak gol kemenangan di final Piala Eropa 1992.

Setelah gantung sepatu, Koeman terlebih dahulu menukangi Valencia sebelum akhirnya menjabat sebagai pelatih Barcelona.

Koeman hanya semusim menjadi pelatih Valencia. Memulai kariernya pada 2007, Koeman berhasil membawa Valencia menjuarai gelar Copa del Rey 2008.

Berselang 12 tahun kemudian, pelatih asal Belanda itu menjadi pelatih Barcelona. Ia lagi-lagi berhasil meraih gelar Copa del Rey pada musim pertamanya menjabat.