BolaSkor.com - Republik Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-77, Rabu (17/8). Banyak catatan sejarah yang tertulis mengiringi HUT (Hari Ulang Tahun) Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Tak kecuali dari dunia olahraga, khususnya sepak bola.

Timnas Indonesia kerap memainkan laga penting yang bertepatan dengan HUT Republik Indonesia. Baik itu Timnas Indonesia Senior maupun kelompok umur.

Sebetulnya, pertandingan resmi dalam arti "Timnas Indonesia" sudah terjadi ketika NIVB (Nederlands Indisch Voetbal Bond) terbentuk. NIVB adalah federasi besar bond Hindia Belanda yang didirikan pada 1919. Sebagai informasi tambahan, bond adalah perkumpulan atau organisasi orang yang melakukan kegiatan politik hingga olah raga saat zaman Hindia Belanda.

Baca Juga:

Nostalgia - Sepak Bola Indonesia Zaman Penjajahan dan Kemerdekaan sebagai Alat Penghapusan Kolonialisme

Nostalgia - Cerita Transfer Indriyanto dari Arseto Solo ke Pelita Jaya dengan Uang Rp100

NIVB pernah melawan Loh Hwa, klub yang bermarkas di Shanghai pada 17 Agustus di Batavia. Ketika itu, Loh Hwa mengadakan tur ke Surabaya, Jakarta, dan Medan pada 1930.

Namun, NIVB saat itu masih menjadi Hindia Belanda. Artinya masih zaman penjajahan. Skor akhir pada pertandingan itu adalah 4-4.

Setelah itu, PSSI terbentuk melalui rahim awal dari 7 klub pribumi, yakni Voetbalbond Indonesische Jacatra (Persija Jakarta, Sjamsoedin), Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (Persib Bandung, Gatot), Persatuan Sepakraga Mataram (PSIM Yogyakarta, Daslam Hadiwasito, A.Hamid, M. Amir Notopratomo), Vorstenlandsche Voetbal Bond (Persis Solo, Soekarno), Madioensche Voetbal Bond (PSM Madiun, Kartodarmoedjo), Indonesische Voetbal Bond Magelang (PPSM Magelang, E.A Mangindaan), dan Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (Persebaya Surabaya, Pamoedji).

Pasca Kemerdekaan Republik Indonesia, Timnas Indonesia sudah bertandingan sebanyak 7 kali pada tanggal 17 Agustus. Apa saja pertandingannya? Berikut ulasannya dari BolaSkor.com :

1. Timnas Indonesia Vs Vietnam Selatan, 17 Agustus 1960

Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada tanggal 17 Agustus 1960 di Singapura. Ini laga uji coba usiran. Laga berkesudahan 1-1.

Beberapa kali memang Timnas Indonesia melakukan uji coba usiran pada tahun 1956-1958. Ini lantaran kondisi politik dalam negeri Indonesia yang kurang stabil di masa akhir Pemerintahan Ir Soekarno.

2. Timnas Indonesia Vs China, 17 Agustus 1963

Timnas Indonesia menghadapi China, pada ajang uji coba jelang Ganefo tanggal 17 Agustus 1963. China menang 3-0 lewat gol Sun Yunshan (2) dan Li Xuejun.

Timnas Indonesia diperkuat para legenda, seperti kiper Yudo Hadianto, Ipong Silalahi, Omo Suratmo, dan Tan Liong Houw.

3. Timnas Indonesia Vs Korea Selatan, 17 Agustus 1968

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia 1968 bersama Presiden RI ke-2, Soeharto. (Instagram)



Timnas Indonesia menghadapi Korea Selatan, pada babak penyisihan Grup A Merdeka Tournament di Ipoh, Malaysia, 17 Agustus 1968.

Skuat Garuda menang 4-2 atas Korea Selatan. Ini kemenangan pertama Timnas Indonesia di HUT Republik Indonesia.

Timnas Indonesia melaju ke semifinal. Sayang, Skuat Garuda kalah 1-2 dari Burma (Myanmar). Selanjutnya, Timnas Indonesia kalah dari Australia Barat pada perebutan tempat ketiga terbaik.

4. Timnas Indonesia Vs Rumania U-18, 17 Agustus 1986

Timnas Indonesia menghadapi Rumania U-18, pada Piala Kemerdekaan 1986 di Jakarta, tanggal 17 Agustus 1986. Dalam turnamen tersebut, Timnas Indonesia diperkuat dua skuat, yakni A dan B.

Timnas Indonesia A yang melawan Rumania diperkuat pemain seperti, Zulkarnaen Lubis, Ricky Yakob, dan Adolf Kabo.

Sayang, laga berakhir Walk Out (WO) untuk kemenangan Timnas Indonesia A. Timnas Indonesia A melaju ke final.

Namun, Timnas Indonesia A kalah 0-1 dari Aljazair, pada laga final lewat perpanjangan waktu.

5. Timnas Indonesia U-22 Vs Filipina U-22, 17 Agustus 2017

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-22 vs Filipina. (PSSI)

Timnas Indonesia U-22 menghadapi Filipina, pada babak penyisihan Grup B SEA Games 2017 Malaysia di Stadion Shah Alam, Kamis (17/8).

Skuat Garuda mempersembahkan kemenangan dengan skor 3-0. Uniknya, dua dari tiga gol Timnas Indonesia U-22 berasal dari pemain nomor 8, yakni Muhammad Hargianto, dan nomor 17, Saddil Ramdani.

6. Timnas Indonesia U-23 Vs Laos, 17 Agustus 2018

Timnas Indonesia
Selebrasi Beto Goncalves ke gawang Laos. (INASGOC)



Timnas Indonesia U-23 menghadapi Laos, pada babak penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jumat (17/8).

Skuat Garuda Muda menang 3-0 atas Laos. Tiga gol Timnas Indonesia U-23 dilesakkan oleh Beto Goncalves (14' dan 47') serta Ricky Fajrin (75').

7. Timnas Indonesia U-18 Vs Malaysia, 17 Agustus 2019

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-18 Vs Malaysia. (PSSI)



Timnas Indonesia U-18 menghadapi Malaysia U-18, pada laga semifinal Piala AFF U-18 2019 di Go Dau Stadium, Sabtu (17/8).

Sayang, Skuat Garuda Muda kalah 3-4 lewat perpanjangan waktu, dan gagal melaju ke final.