BolaSkor.com - Babak perempat final Liga Europa 2019-2020 telah rampung digelar. Empat dari delapan tim yang berlaga telah memastikan diri lolos ke semifinal.

Secara garis besar, tidak ada kejutan berarti yang terjadi. Klub-klub unggulan yaitu Manchester United, Inter Milan, Sevilla, dan Shakhtar Donetsk mampu meraih kemenangan dan melaju ke semifinal.

Namun hasil tersebut tidak diraih dengan mudah. Klub-klub non unggulan memberikan perlawanan sengit sepanjang pertandingan.

Baca Juga:

Semifinal Liga Europa 2019-2020: Manchester United Bertemu Langganan Juara, Inter Milan Ditantang Shakhtar Donetsk

Shakhtar Donetsk 4-1 FC Basel: Wakil Ukraina Tembus Semifinal Liga Europa

Wolverhampton 0-1 Sevilla: Sang Langganan Juara Hentikan Dongeng Wolves

Manchester United harus berjuang hingga perpanjangan waktu untuk menghentikan perlawanan FC Copenhagen. Gol kemenangan Setan Merah bahkan tercipta melalui penalti yang dieksekusi Bruno Fernandes.

Inter juga dibuat kerepotan Bayer Leverkusen. Tim asuhan Antonio Conte hanya menang dengan skor tipis 2-1.

Sementara Sevilla butuh waktu hingga 88 menit untuk mencetak gol kemenangan ke gawang Wolverhampton. Mungkin hanya Shakhtar Donetsk yang langkahnya cenderung mulus karena menang 4-1 atas FC Basel.

Sejumlah pemain tampil menonjol dan mencuri perhatian di babak perempat final ini. Beberapa di antaranya bahkan turut memecahkan rekor.

Berikut 8 fakta menarik yang mewarnai babak perempat final Liga Europa 2019-2020:

1. Karl-Johan Johnsson melakukan 13 penyelamatan saat FC Copenhagen takluk 0-1 dari Manchester United lewat perpanjangan waktu. Itu merupakan jumlah penyelematan terbanyak dalam satu laga Liga Europa atau Liga Champions sejak musim 2016-2017.

2. Bruno Fernandes selalu sukses mengeksekusi penalti dari 21 kesempatan di ajang liga domestik dan kompetisi Eropa sejak musim 2017-2018.

3. Romelu Lukaku selalu mencetak gol pada sembilan laga beruntun di Liga Europa usai membobol gawang Bayer Leverkusen. Ia memecahkan rekor Alan Shearer yang sudah bertahan selama 15 tahun.

4. Setelah menunggu 10 tahun, Inter Milan kembali menginjakkan kakinya di babak semifinal kompetisi Eropa. Terakhir kali mereka melakukannya pada musim 2009-2010 yang berujung treble winners.

5. Conor Coady selalu tampil membela Wolverhampton Wanderers di ajang Liga Europa 2019-2020. Ia juga tak pernah absen tampil di Premier League dalam dua musim terakhir sehingga total bermain sebanyak 93 kali atau 8.370 menit.

6. Sevilla berhasil melaju ke semifinal Liga Europa untuk keenam kalinya. Pada lima kesempatan sebelumnya, Los Nervionenses selalu keluar sebagai juara.

7. Shakhtar Donetsk melaju ke semifinal Liga Europa untuk ketiga kalinya sepanjang sejarah klub. Tidak ada tim di luar lima liga Elite Eropa lain yang melakukannya lebih banyak dari wakil Ukraina tersebut.

8. Raul Jimenez gagal mengeksekusi penalti ke gawang Sevilla. Itu menjadi kegagalan pertama bomber berkebangsaan Meksiko dari sembilan kesempatan selama berseragam Wolverhampton.