BolaSkor.com - Liverpool telah menghakhiri penantian 30 tahun juara Premier League. Selanjutnya, tugas The Reds adalah tetap mempertahankan posisi sebagai tim terbaik di Premier League.

Liverpool menyudahi musim ini dengan luar biasa. The Reds meraih 99 poin dan menorehkan sejumlah rekor. Itu adalah gelar ke-19 Liverpool sepanjang sejarah.

Namun, Liverpool tidak bisa santai menghadapi pertarungan berikutnya. Para pesaing sibuk memperbaiki diri satu di antaranya adalah dengan mendatangkan amunisi baru.

Baca Juga:

Jersey Liverpool Perdana Bersama Nike Tonjolkan Warna Tradisional The Reds

5 Bek Tengah yang Dapat Menggantikan Dejan Lovren di Liverpool

Jadi Manajer Terbaik, Jurgen Klopp Dimaafkan Sir Alex Ferguson

Liverpool

Tak pelak, Liverpool perlu mempertahankan dominasi setelah lama tak juara. Hal tersebut pernah ditorehkan Manchester United, Manchester City, dan Chelsea.

Manchester United tanpa gelar liga selama 26 tahun dari 1968 hingga 1993. Angin segar datang setelah Sir Alex Ferguson mengambil alih. The Red Devils meraih 13 dari 20 titel Premier League.

Berikutnya, Manchester City juga pernah puasa gelar dalam waktu yang lama. The Citizens harus menunggu 44 tahun dari 1968 hingga 2012.

Sejak saat itu, Man City menjelma menjadi kekuatan besar di Inggris. Dengan suntikan dana besar dari investor, Man City terus memperbaiki kualitas tim.

Chelsea juga mengalami hal serupa. The Blues menunggu 49 musim untuk bisa kembali mengangkat trofi. Itu terjadi pada 1955 hingga 2005.

Setelah saat itu, The Blues meraih empat gelar Premier League. Chelsea juga menjadi juara Liga Champions.

Tak pelak, tugas Liverpool pada tahun-tahun mendatang lebih berat. Ketika sudah berhasil merebut gelar, Mohamed Salah dan kawan-kawan perlu mempertahankannya selama mungkin.