BolaSkor.com - Enam tahun pengabdian Dejan Lovren kepada Liverpool telah berakhir. Bek tengah berusia 31 tahun memutuskan pergi dan bergabung dengan klub Rusia, Zenit Saint Petersburg dengan banderol 12 juta euro dan kontrak tiga tahun.

Dejan Lovren dibeli Zenit untuk menggantikan Branislav Ivanovic (36 tahun) yang kontraknya berakhir dengan klub. Kepergian Lovren sedianya tidak memberikan dampak besar kepada tim yang baru menjuarai Premier League itu.

Akan tapi ada celah yang kosong karena kepergiannya. Meski bek berpaspor Kroasia itu bukan pilihan utama Jurgen Klopp di Liverpool dan itu bisa dilihat dari 25 persen penampilannya musim ini, Liverpool tetap membutuhkan pengganti Lovren.

Baca Juga:

Dejan Lovren Resmi Tinggalkan Liverpool untuk Terima Pinangan Jawara Rusia

Jadi Manajer Terbaik, Jurgen Klopp Dimaafkan Sir Alex Ferguson

Fabinho Kehilangan Mobil dan Perhiasan saat Liverpool Rayakan Gelar Premier League

Di tengah padatnya jadwal pada setiap musim Klopp butuh lebih bek tengah selain Joel Matip, Joe Gomez, dan Virgil van Dijk sebagai bagian rotasi dan tentu saja dapat diandalkan.

BolaSkor.com coba menganalis lima nama yang dapat dilirik Liverpool untuk menggantikan Dejan Lovren. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Ozan Kabak

Ozan Kabak

Belakangan ini santer beredar Liverpool tengah membidik bek tengah Schalke, Ozan Kabak untuk jadi pengganti Lovren. Baru berusia 20 tahun pemain berpaspor Turki bisa menjadi investasi jangka panjang untuk Liverpool.

Liverpool kabarnya akan coba memanfaatkan kedekatan Klopp dengan mantan pelatih Borussia Dortmund II, David Wagner untuk merekrut Kabak.

Mantan bek Galatasaray dan Stuttgart unggul dalam duel bola udara serta tangguh di lini belakang, bahkan ia punya kemampuan mengoper bola dan membangun serangan. Banderolnya sebesar 30 juta euro.

2. Diego Carlos

Diego Carlos

Musim debutnya bersama Sevilla cukup positif dan klub menembus empat besar untuk bermain di Liga Champions musim depan. Diego Carlos (27 tahun) sudah bermain sebanyak 41 kali musim ini di seluruh kompetisi dan mencetak dua gol.

Sebelum membela Sevilla pemain dengan klausul pembelian 75 juta euro membela Desportivo Brasil, Sao Paulo, Estoril, dan Nantes selama tiga tahun. Tipikal bek Amerika Selatan Carlos lugas kala mengawal jantung pertahanan Sevilla.

3. Sepp van den Berg

Sepp van den Berg

Solusi paling realistis jika Liverpool sama sekali tak ingin mengeluarkan uang di bursa transfer untuk membeli bek. Sepp van den Berg didatangkan dari PEC Zwolle pada musim panas 2019 dan sempat dimainkan Klopp di beberapa laga tim utama musim ini.

Permasalahannya adalah Van den Berg masih sangat muda - 18 tahun - dan tidak bagus terlalu memberikannya tekanan jika dibutuhkan di laga-laga besar. Van den Berg belajar banyak dari kompatriotnya, Van Dijk.

4. Ben White

Ben White

Leeds United promosi ke Premier League setelah 16 tahun lamanya dan Ben White berkontribusi besar di jantung pertahanan tim. Leeds menjadi juara Championship, memiliki rekor pertahanan terbaik, dan White bermain di seluruh laga liga di bawah arahan Marcelo Bielsa.

Sang manajer bisa jadi tidak akan melepas pemain andalan yang baru berusia 22 tahun itu, meski begitu Liverpool bisa coba merekrutnya. Kelebihan White adalah kemampuannya membangun serangan dari belakang. White tidak takut maju ke depan untuk membuka celah bagi rekan setim.

5. Aissa Mandi

Aissa Mandi

Incaran lama Liverpool. Aissa Mandi (28 tahun) kontraknya berakhir di musim panas mendatang bersama Real Betis dan klub bisa menjualnya di musim panas ini ketimbang melepasnya gratis musim depan.

Aissa Mandi bek tengah berpengalaman yang dapat diandalkan serta memiliki pengalaman internasional. Mandi punya 55 caps dengan timnas Aljazair dan satu gol. Mandi juga sudah bermain selama empat tahun bersama Betis.