Akibat Invasi Rusia, Dunia Formula 1 Bergejolak

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 01 Maret 2022
Akibat Invasi Rusia, Dunia Formula 1 Bergejolak

BolaSkor.com - Invasi Rusia ke Ukraina tidak hanya menimbulkan gejolak di bidang politik saja. Peristiwa itu juga turut berdampak pada dunia Formula 1.

Salah satunya adalah pembatalan GP Rusia. Akibat invasi yang dilakukan Rusia, banyak stakeholder yang menolak penyelenggaraan balapan tersebut.

Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Formula 1 dan FIA memutuskan mencoret Rusia dari balapan jet darat tersebut. Balapan yang akan digelar di Sirkuit Sochi Autodrom pada 23-25 September resmi dibatalkan.

“Kejuaraan FIA Formula 1 mengunjungi banyak negara dengan visi positif, menyatukan orang-orang dan membawa negara bersama-sama. Kita melihat perkembangan di Ukraina dengan rasa sedih dan terkejut. Berharap keadaan dapat damai hingga kedepannya,” tulis Formula 1 melalui akun Twitternya, @F1Media.

Baca Juga:

Hanya Perlu Selangkah, Rossi Sudah Jadi Pembalap F1

Untaian Terima Kasih dari Bottas untuk Hamilton

“Pada Kamis sore, tim bersama FIA mendiskusikan posisi olahraga ini. Setelah melihat pendapat stakeholder kami memutuskan tidak mungkin mengadakan Grand Prix Rusia di kondisi saat ini,” sambungnya.

Penolakan tidak hanya datang dari para petinggi Formula 1 saja. Pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel secara terang-terangan ikut memboikot GP Rusia. Menurut Vettel tidak etis jika menjalani balapan di negara penjajah.

“Tentu saja jika kamu melihat kalender kita ada jadwal balapan di Rusia. Menurut opini pribadi saya seharusnya tidak pergi ke sana, saya tidak akan balapan di sana. Saya pikir salah jika balapan di negara tersebut,” tutur Vettel dikutip dari skysport.com.

“Saya minta maaf kepada semua orang dan orang tidak berdosa yang kehilangan nyawanya karena terbunuh akibat alasan bodoh dan sangat aneh serta akibat dari pemimpin gila,” sambungnya.

Langkah serupa juga ditunjukkan oleh Haas. Tim yang bermarkas di Amerika serikat ini memutuskan mengakhiri kontrak dengan perusahaan pupuk asal Rusia, Ural kali.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News F1
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan