Alasan Chelsea Bisa Belanja Pemain pada Januari 2024 Tanpa Melanggar FFP

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 22 Desember 2023
Alasan Chelsea Bisa Belanja Pemain pada Januari 2024 Tanpa Melanggar FFP
Chelsea (Twitter)

BolaSkor.com - Chelsea era Todd Boehly menjadi sensasi pembicaraan publik. Bukan karena itu era baru setelah sebelumnya lama dimiliki Roman Abramovich, tetapi karena strategi transfer yang diusung pemilik asal Amerika Serikat tersebut.

Dalam kurun waktu tiga periode bursa transfer, The Blues sudah menghabiskan satu miliar poundsterling untuk merekrut pemain. Pada musim panas 2023 Chelsea mengeluarkan biaya hingga 400 juta poundsterling untuk mendatangkan amunisi anyar.

Namun, dengan investasi sebesar itu performa Chelsea masih angin-anginan musim ini di bawah arahan Mauricio Pochettino. Bahkan, Chelsea masih jauh dari perburuan untuk masuk empat besar atau zona Liga Champions.

Hal itu berpotensi melanggar aturan Financial Fair Play (FFP), terutamanya jika mereka tak bermain di Eropa musim depan. Satu-satunya cara untuk menghindari potensi pelanggaran itu adalah menjual pemain.

Baca Juga:

Periode Negatif Chelsea Berlanjut, Pochettino Isyaratkan Belanja Pemain Baru

Prediksi dan Statistik Chelsea Vs Sheffield United: Tiga Poin Harga Mati

14 Rekrutan Anyar Tak Cukup, Chelsea Aktif Kembali di Bursa Transfer Musim Dingin

Chelsea juga diyakini tidak bisa belanja pemain baru pada bursa transfer musim dingin (Januari 2024) karena FFP. Nyatanya tidak demikian, sekaligus menjadi kabar bagus bagi Chelsea untuk menatap positif putaran kedua musim 2023-2024.

Ya, Chelsea tidak perlu khawatir tidak bisa merekrut pemain pada Januari 2024. Menurut pakar finansial sepak bola, Kieran Maguire, Chelsea dapat membeli pemain baru karena keuntungan yang diterima di masa lalu dari penjualan pemain.

"Selama dekade terakhir, keuntungan penjualan pemain (Chelsea) – yang merupakan angka yang digunakan untuk perhitungan Financial Fair Play/Laba dan Aturan Keberlanjutan – adalah 706 juta poundsterling," papar Maguire dikutip dari Goal.

"Hampir dua kali lipat dari klub enam besar tersukses kedua, Liverpool, dengan 387 juta poundsterling, dan Manchester United hanya menghasilkan 133 juta poundsterling."

"Penjualan pemain ini memberi Chelsea fleksibilitas dalam hal perekrutan potensial di jendela Januari," urai Maguire.

Chelsea Premier League Bursa transfer
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.318

Bagikan