BolaSkor.com - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sudah tiba di Jakarta pada Rabu (22/7) malam WIB. Shin Tae-yong datang didampingi para asisten pelatihnya dari Korea Selatan.

Shin Tae-yong tak harus menjalani karantina selama 14 hari karena pandemi Virus Corona (COVID-19). Ia langsung memimpin pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia Senior dan U-19/U-20 pada Kamis (23/7).

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, sebagai wakil Pemeritah memberikan alasan mengapa Shin Tae-yong tak harus melakukan karantina 14 hari. Berbeda dengan Warga Negara Asing (WNA) lainnya yang wajib karantina mandiri selama 14 hari.

Pernyataan ini sesuai Peraturan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nomor 11 Tahun 2020 tentang izin Warga Negara Asing (WNA) bisa masuk ke Indonesia. Di mana, Shin Tae-yong adalah pekerja khusus.

Pasal 1. WNA hanya bisa ke Indonesia dengan enam poin: Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap; Orang Asing pemegang Visa Diplomatik dan Visa Dinas; Orang Asing pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas.

Pasal 2. Orang Asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat masuk Wilayah Indonesia setelah memenuhi persyaratan Surat keterangan sehat dalam bahasa Inggris dari otoritas kesehatan di masing-masing negara.

Baca Juga:

Tiba di Jakarta, Ketum PSSI Sebut Shin Tae-yong Langsung Pimpin TC Timnas Indonesia Senior dan U-19

Shin Tae-yong Akan Bawa 30 Pemain Timnas U-19 ke Korsel pada 9 Agustus untuk TC dan Uji Coba

''Karantina 14 hari itu tidak wajib diikuti Shin Tae-yong. Selama dikenali reaktif, baru karantina 14 hari. Kalau negatif bisa langsung ke lapangan,'' tutur Sekretaris Menpora, Gatot S Dewa Broto.

''Tapi ada ketentuan-ketentuan lain yang bisa dijadikan dasar, karena Shin ini masuk dalam kategori yang dibutuhkan," dia menambahkan.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk TC Timnas Indonesia. Lalu memanggil 46 pemain untuk TC Timnas Indonesia U-19. TC ini dimulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2020 yang direncanakan akan berlatih di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Pada TC ini, PSSI kembali memberikan arahan untuk melakukan protokol kesehatan yang ketat kepada seluruh pemain dan ofisial. Sebelumnya protokol kesehatan yang ketat telah dijalani kepada Timnas Indonesia U-16 yang saat ini melakoni TC di Bekasi. Hal ini dilakukan karena Indonesia masih dalam pandemi Virus Corona (COVID-19).