BolaSkor.com - Pelatih Juventus, Andrea Pirlo, mewarnai debutnya sebagai juru taktik dengan kemenangan. Pirlo pun mengungkapkan alasan menggunakan formasi lima bek plus rencana untuk Cristiano Ronaldo.

Juventus meraih kemenangan 3-0 saat bersua Sampdoria pada laga pekan perdana Serie A 2020-2021, di Allianz Stadium, Minggu (20/9) waktu setempat atau Senin dini hari WIB. Tiga gol Bianconeri dicetak Dejan Kulusevski (13'), Leonardo Bonucci (78'), dan Cristiano Ronaldo (88').

Pada pertandingan tersebut, Pirlo bermain dengan formasi 5-4-1. Menurutnya, dengan sistem tersebut, La Vecchia Signora bermain lebih seimbang dalam menyerang dan bertahan.

Baca Juga:

Sirkulasi Striker di Serie A: Dzeko ke Juventus, Milik Menuju AS Roma

Jadwal Siaran Langsung Kompetisi Eropa: Juventus Dapat Jatah Live Televisi Nasional

Bintang Muda Juventus Bandingkan Sosok Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic

Juventus

"Kami memiliki empat gelandang tengah yang menurut saya bermain lebih baik di lini tengah dengan dua orang. Karena hal itu kami mencoba sistem tersebut. Kami bertahan dengan empat pemain bertahan, kemudian dalam menyerang kami lebih dari tiga pemain ditambah dua," ulas Pirlo seperti dilaporkan Football Italia.

"Kami akan memberikan yang terbaik. Ini soal menemukan keseimbangan yang tepat. Pemain berkualitas selalu diterima selama mereka punya karakteristik menyeimbangkan tim. Pada sisi lain, kami ingin menurunkan pemain berbakat sebanyak mungkin."

Selain soal formasi, Pirlo juga membahas penampilan Cristiano Ronaldo. Pirlo menegaskan akan memberikan waktu istirahat lebih untuk sang megabintang.

"Kami sedang memikirkannya dan membicarakannya. Dia belum lelah karena baru mulai. Namun, ketika menghadapi laga yang kurang penting, kami akan mencoba memberinya istirahat," tegas sang palatih.

"Dia pemain yang sangat cerdas dan mengetahui tubuhnya dengan baik. Jadi, dia sadar kapan waktunya istirahat dan kapan harus meningkatkan."

Berikutnya, Juventus akan bertamu ke markas AS Roma pada pertandingan pekan kedua Serie A 2020-2021, Senin (28/9). Setelah itu, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan akan bersua Napoli.