BolaSkor.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberi kabar mengejutkan. Ia memastikan Ibu Kota Republik Indonesia ini akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada 2020.

Hal ini disampaikan Anies melalui akun Instagramnya, Minggu (14/7). Mantan Menteri Pendidikan tersebut mengatakan tim dari Formula E telah melalukan uji lapangan pada 8-9 Juli.

Berdasarkan suryey tersebut, Jakarta dinyatakan layak menggelar Formula E pada 2020.

Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, saya langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," kata Anies, melalui akun Instagramnya.

Baca Juga:

Buka-bukaan Kelemahan Ducati yang Buat Andrea Dovizioso Kesulitan Kalahkan Marc Marquez

Pembalap Berusia 20 Tahun Ini Tantang Marc Marquez dan Valentino Berduel

"Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik, dan diadakan di sirkuit jalan raya," imbuh Anies.

Rencana menggelar Formula E 2020 mulai dibicarakan sejak tiga bulan lalu. Hasilnya, Jakarta dinyatakan layak sebagai tuan rumah pada pertemuan di New York pada Sabtu, bersamaan dengan putaran final keenam Formula E.

"Bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula-E yang juga legenda dunia balap mobil. Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat," kata Anies Baswedan.

"Di ujungnya kami bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan," sambungnya.