Arema FC Pasrah Menerima Subsidi Tak Utuh Akibat Sanksi

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 07 April 2020
Arema FC Pasrah Menerima Subsidi Tak Utuh Akibat Sanksi
Selebrasi gol Arema FC. (BolaSkor.com/Kristian Joan)

BolaSkor.com - Arema FC tampak pasrah setelah dipastikan menerima subsidi kompetisi dengan tidak utuh. Tak hanya dipotong pajak, jatah subsidi fair PT Liga Indonesia Baru pun juga tergerus lagi akibat jeratan sanksi denda dari Komisi Disiplin PSSI.

Sebagaimana diketahui, Arema FC harus menanggung denda sebesar Rp100 juta dari sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI yang diumumkan pada Kamis (2/4)). Dua sanksi masing-masing sebesar Rp50 juta buntut dari tingkah laku buruk tim maupun suporter dalam laga Liga 1 2020.

"Terhentinya Liga 1, sudah otomatis diikuti dengan subsidi. Ya, mungkin hanya satu kali saja turun untuk Bulan Februari," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Baca Juga:

Panpel Arema FC Akan Evaluasi Pasca Terjerat Sanksi Komdis PSSI

Bhayangkara FC Akan Umumkan Kebijakan Gaji di Tengah Force Majeure Kompetisi

Arema FC sendiri berhak mendapatkan subsidi senilai Rp5,2 Miliar untuk musim ini. Dan seperti kebiasaan di musim-musim sebelumnya, subsidi akan dibayarkan per termin sepanjang 10 bulan kompetisi, sejak Februari hingga November 2020.

Namun dengan status force majeure saat ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 disinyalir menangguhkan subsidi pada termin kedua dan seterusnya, hingga kompetisi dinyatakan berputar lagi pada awal Juli nanti.

"Kalau dibagi 10, kami mendapatkan subsidi Rp520 juta. Klub akan menerima jumlah akhirnya setelah dipotong pajak (kurang lebih 5 persen) dan denda, bila ada sanksi," tambahnya.

Dengan ketentuan itu, bisa dipastikan jumlah dana segar yang diterima Arema FC semakin menyusut. Padahal, keberadaan subsidi kompresi berperan cukup penting dalam mengontrak stabilitas finansial klub dalam mengarungi kompetisi, selain kerja sama sponsor dan penjualan tiket pertandingan. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)

Arema FC Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan