BolaSkor.com - Arema FC melontarkan usulan menarik terhadap peluang berlanjutnya kompetisi Liga 1 musim 2020, yaitu dengan memusatkan semua jadwal pertandingan di Jawa dan Bali dengan sejumlah pertimbangan.

Efisiensi, menjadi pertimbangan pertama yang dipetik tim Singo Edan. Lantaran terpusat di Jawa, maka seluruh tim bisa lebih leluasa dalam melakoni laga away secara cepat, dengan semua opsi transportasi.

"Naik bus, akan lebih optimal. Infrastruktur berupa tol trans Jawa juga sudah mendukung semua tim untuk away," tutur General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Selain itu, pemusatan jadwal juga diperkirakan bisa mencegah berkembangnya Virus Corona (COVID-19) dengan pembatasan aktivitas tim di ruang publik.

"Setiap away, pasti naik pesawat. Bandara merupakan ruang publik, sehingga ada peluang peningkatan COVID-19," tambahnya.

Baca Juga:

Arema FC Punya Alasan Mengusulkan Liga 1 Lanjut dengan Kenaikan Hak Komersial

Robert Alberts Klaim Kondisi Fisik Pemain Persib Bagus meski 2 Bulan Tanpa Latihan Bersama dan Pertandingan

Arema FC juga sadar bahwa usulan itu memang tergolong anti mainstream, jika mengacu pada asas fair play. Lantaran tim-tim seperti Persiraja Banda Aceh maupun Persipura Jayapura gagal berlaga di hadapan publiknya sendiri.

Namun dengan dasar letak geografis mayoritas tim kontestan Liga 1 yang bermarkas di Jawa, bukan tidak mungkin usulan tim Singo Edan akan menjadi bahasan menarik selanjutnya.

"Dari 18 tim di Liga 1, ada 12 tim yang bermarkas di Pulau Jawa. Lagipula, ada beberapa stadion maupun lapangan representatif yang bisa digunakan tim luar Jawa sebagai markas," tandasnya. (Laporan Kontributir Kristian Joan/Malang)