Arsenal 1-2 Chelsea: The Gunners Telan Kekalahan Kandang Keempat Beruntun

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 29 Desember 2019
Arsenal 1-2 Chelsea: The Gunners Telan Kekalahan Kandang Keempat Beruntun
Selebrasi Tammy Abraham(twitter/chelsea)

BolaSkor.com - Tugas pertama Mikel Arteta bersama Arsenal di kandang sendiri berbuah kekalahan. The Gunners ditaklukkan 1-2 Chelsea pada laga pekan ke-20 Premier League di Stadion Emirates, Minggu (29/12) malam WIB. Ini merupakan kekalahan kandang keempat beruntun bagi Arsenal.

Arsenal unggul lebih dulu lewat Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-13. Chelsea menyamakan skor lewat Jorginho (83) dan berbalik unggul berkat gol Tammy Abraham (87).

Baca Juga:

Ujian Besar Mikel Arteta di Dua Laga Beruntun Arsenal Kontra Chelsea dan Man United

Misi Mikel Arteta, Ingin Kembalikan Kebahagiaan di Arsenal

Pada laga perdananya sebagai manajer Arsenal di Emirates, Mikel Arteta melakukan dua perubahan dari skuat laga sebelumnya. Kali ini Arteta memainkan Matteo Guendouzi menggantikan Granit Xhaka dan Callum Chambers yang mengisi posisi Sokratis.

Di kubu lawan, Frank Lampard kembali menampilkan formasi 3-4-3. Akan tetapi pada laga ini dia memainkan Mateo Kovacic dan Masin Mount. Sedangkan Jorginho dan Callum Hudson-Odoi dicadangkan.

Arsenal memulai laga dengan langsung melancarkan tekanan ke area Chelsea. Peluang pertama datang pada menit kelima lewat skema tendangan bebas setelah Reiss Nelson dijatuhkan. Namun upaya David Luiz meneruskan umpan Mesut Ozil belum menemui sasaran.

Selang empat menit kemudian David Luiz kembali mendapatkan peluang. Kali ini bola hasil tendangannya mengarah langsung ke pelukan Kepa Arrizabalaga.

Pada menit 11, giliran Chelsea yang mengancam. Namun kiper Arsenal Bernd Leno mampu mematahkan usaha Mason Mount di depan gawang.

Pada menit 13, Arsenal mendapatkan tendangan pojok. Bola sepakan sudut Ozil dibelokkan oleh Callum Chambers dan langsung disambar oleh Pierre-Emerick Aubameyang lewat tandukannya. Bola meluncur deras tanpa bisa ditahan Kepa. Arsenal unggul 1-0.

Serangan cepat Arsenal cukup menyulitkan pertahanan The Blues. Pada menit ke-18 sebuah peluang kembali tercipta. Sayang Alexander Lacazette terlalu lama mengusai bola setelah menerima sodoran Aubameyang di dalam kotak penalti.

Hingga laga berjalan 30 menit, Arsenal terlihat lebih dominan. Tidak hanya dalam penguasaan bola yang mencapai 58 persen, tapi juga unggul dalam tembakan, empat berbanding satu.

Pada menit 34, Frank Lampard memutuskan untuk melakukan perubahan dengan menarik keluar Emerson dan memasukkan Jorginho. Chelsea kini bermain dengan empat pemain belakang dengan Azpilicueta di sisi kiri dan Tomori di kanan. Hingga paruh pertama selesai Arsenal masih unggul 1-0 atas tamunya Chelsea.

Babak Kedua

Di babak kedua, Chelsea meneruskan performa di akhir paruh pertama. Sejak berganti skema menjadi 4-3-3, Chelsea mulai lebih dominan. Mayoritas penguasaan bola mulai beralih ke Chelsea.

Meski demikian, pasukan Frank Lampard masih kesulitan menembus lini pertahanan Arsenal. Justru serangan balik Arsenal yang lebih membahayakan. Seperti yang terjadi pada meit ke-56. Beruntung Kurt Zouma berhasil memblok usaha Aubameyang.

Peluang datang buat Chelsea pada menit 75. Namun Tammy Abraham gagal mengarahkan bola tandukannya usai menerima umpan sepakan pojok Mount.

Selang lima menit kemudian Chelsea akhirnya mampu menyeimbangkan kedudukan. Bola sepakan bebas Mount gagal dijinakkan Leno, Jorginho yang berdiri bebas dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang. Ini merupakan kesalahan ketujuh yang dibuat Leno yang berbuah gol bagi lawan sejak awal musim lalu.

Chelsea berbalik unggul pada menit 87. Berawal dari tusukan Willian, bola diterima Abraham yang membelakangi gawang. Penyerang muda Chelsea berhasil berbalik dan melepaskan sepakan yang menembus gawang Leno. Chelsea unggul 2-1.

Hingga laga usai Chelsea mampu mempertahankan keunggulan 2-1. Berkat hasil ini Chelsea menempati peringkat keempat Premier League dengan raihan 35 poin. Sedangkan Arsenal terpuruk di posisi ke-12 dengan 24 angka.

Susunan Pemain

ARSENAL (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, David Luiz, Bukayo Saka; Matteo Guendouzi, Lucas Torreira; Reiss Nelson (Pepe 86), Mesut Ozil (Willock 76), Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette.

CHELSEA (3-4-3): Kepa Arrizabalaga; Antonio Rudiger, Kurt Zouma, Fikayo Tomori (Lamptey 59); Cesar Azpilicueta, N'Golo Kante, Mateo Kovacic (Hudson-Odoi 70), Emerson (Jorginho 34); Willian, Mason Mount, Tammy Abraham.

Premier League Arsenal Chelsea
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.107

Bagikan