BolaSkor.com - Arsenal akan menjamu Southampton pada pekan 27 Premier League di Stadion Emirates, Minggu (24/2) pukul 21.05 WIB. The Gunners, yang sedang berusaha masuk ke zona Liga Champions (empat besar), punya rekor bagus di Stadion Emirates.

Semenjak kalah 0-1 pada November 1987, Arsenal tidak pernah kala ketika mentas di kandang pada ajang Premier League melawan Southampton. Totalnya, 17 kemenangan dan enam kali imbang dari 23 laga kandang di Premier League.

The Saints pun demikian. Dalam kesempatan memainkan 19 laga tandang ke markas Arsenal di Premier League, Southampton tidak pernah menang dengan catatan lima hasil imbang dan 14 kekalahan, menjadikan Southampton sebagai tim terbanyak yang memainkan laga tandang tanpa pernah menang di Premier League.

Kendati demikian, Unai Emery pantang meremehkan Southampton yang saat ini ada di zona degradasi, peringkat 18 dengan perolehan 24 poin. Itu bisa menjadi motivasi tersendiri bagi Pierre-Emile Hojbjerg dkk.

Baca Juga:

5 Pemain yang Gagal Digaet Arsenal dan Para Penggantinya

Arsenal Bakal Bajak Direktur Olahraga AS Roma

Hasil Lengkap Liga Europa: Tim Serie A dan Premier League Mulus

Arsenal tidak pernah kalah dari Southampton kala mentas di kandang pada ajang Premier League

"Seperti seluruh tim di Premier League, Southampton juga lawan yang sulit dan kami akan menyiapkan laga ini dengan pemain-pemain besar, juga dengan waktu yang dimiliki, bagi kami ini laga sulit," tutur Emery di BBC Sport.

"Kami harus menghormati (Southampton), tapi kami juga harus menjalankan rencana bermain dengan kualitas dan intensitas. Sangatlah penting meraih tiga poin," lanjutnya.

Arsenal memang butuh poin tambahan karena saat ini terpaut satu poin dengan Manchester United di peringkat empat klasemen. Man United akan bertanding melawan Liverpool dan Arsenal bisa memanfaatkannya jika meraih kemenangan atas Southampton.

Tim lawan juga sudah melakukan persiapan khusus agar bisa menjauh dari zona degradasi. Ralph Hasenhuttl membawa anak-anak asuhnya ke Tenerife, Spanyol, untuk melakukan pemusatan latihan di tengah musim.

"Itu (pemusatan latihan) waktu yang intens, tapi saya pikir kami membutuhkannya. Saya pikir jalan kami masih panjang hingga akhir. Kami mungkin akan membutuhkan 40 poin untuk bertahan di liga, saya pikir demikian," tambah Hasenhuttl.

Arsenal telah kebobolan 999 gol di Premier League dan bisa menjadi tim kedelapan yang kebobolan 1.000 gol, apabila Southampton nantinya mencetak gol ke gawang Bernd Leno. Tentu hal itu ingin dihindari oleh tuan rumah.

Prakiraan Susunan Pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Nacho Monreal, Laurent Koscielny, Shkodran Mustafi, Stephan Lichtsteiner; Lucas Torreira, Matteo Guendouzi, Pierre-Emerick Aubameyang, Mesut Ozil, Alex Iwobi; Alexandre Lacazette

Manajer: Unai Emery

Southampton (5-3-2): Alex McCarthy; Ryan Bertrand, Jannik Vestergaard, Jack Stephens, Jan Bednarek, Yan Valery; James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg; Nathan Redmond, Charlie Austin

Manajer: Ralph Hasenhuttl