BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bicara arti penting melatih Skuat Garuda. Hal ini diungkapkan Shin Tae-yong dalam wawancara dengan FN News.

Shin Tae-yong dikontrak PSSI selama 4 tahun untuk melatih Timnas Indonesia level senior, U-23, dan U-19. Pelatih asal Korea Selatan itu dikontrak sampai Desember 2023.

Saat diwawancarai FN News, ada pertanyaan seberapa berarti bagi Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia? Padahal Shin Tae-yong punya CV melatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu.

"Saya telah berpengalaman melatih semua turnamen besar di Korea, termasuk Piala Dunia 2018 di Rusia dan Olimpiade Rio 2016," kata Shin Tae Yong dikutip dari FN News.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, AFC Akan Suntikan Dana

Seto Nurdiantoro Komentari Kesuksesan Timnas Indonesia Tembus Piala Asia 2023

"Ketika saya pertama kali mulai melatih di Indonesia, beberapa orang di sekitar saya bertanya-tanya. Memang ada kondisi yang lebih baik di tempat lain dan di tempat baru ini saya ingin mencari tantangan."

"Saya ingin mengevaluasi kembali diri saya di tempat baru dan seperti apa kompetensi dan bakat yang saya miliki. Itu masih dalam proses," tambahnya.

Kini buah yang dipetik Timnas Indonesia dilatih Shin Tae-yong mulai terlihat. Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023, setelah 15 tahun menunggu.

Sebelumnya, pelatih berumur 52 tahun itu membawa Timnas Indonesia sebagai runner-up Piala AFF 2020, dengan skuat paling muda di turnamen.

Ujian sesungguhnya Shin Tae-yong adalah membentuk dan melatih Timnas Indonesia U-19/U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Lalu tentu saja selain itu, melatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.