BolaSkor.com - Timnas Spanyol menang telak 3-0 dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Swedia di Santiago Bernabeu, Selasa (11/6) dini hari WIB. Dalam laga tersebut David De Gea dicadangkan dan tempatnya ditempati oleh Kepa Arrizabalaga.

Tiga gol La Furia Roja dicetak oleh Sergio Ramos (penalti menit 64'), Alvaro Morata (penalti menit 85'), dan Mikel Oyarzabal (87'). Spanyol masih berada di puncak klasemen grup F dengan raihan poin sempurna (12 poin).

Masih tanpa kehadiran Luis Enrique, pelatih timnas Spanyol, karena urusan keluarga, Spanyol didampingi oleh asisten pelatih Enrique, Robert Moreno. Dia membeberkan alasan memainkan Kepa ketimbang De Gea.

Performa menjadi alasan Kepa bermain dari awal laga dan De Gea duduk di bangku cadangan. Seperti diketahui, performa De Gea sedang menurun jelang akhir musim 2018-19 dengan Manchester United, sementara Kepa membaik dan membantu Chelsea juara Liga Europa.

Baca Juga:

David De Gea Paksa Manchester United Memberi Komisi Penjualan Rp 541 Miliar

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Spanyol Bungkam Swedia

Timnas Spanyol

"Kami pikir periode De Gea dengan Spanyol belum berakhir. Tapi, Kepa menjalani musim yang sangat hebat pada akhir musim (2018-19) - juara Liga Europa dengan performa hebat. Pada momen kongkrit itu, kami pikir Kepa dapat membantu kami dengan cara yang lebih baik," tutur Moreno, dikutip dari Goal.

"Persaingan kini dimulai. Ketika Anda memiliki suatu hal yang mudah, Anda akan rileks, dan itu tidak bagus. Level kompetitif juga bagus sebagai tujuannya."

Moreno juga menegaskan keputusan itu diambil bukan hanya karena satu pertimbangan jelang akhir musim. Staf kepelatihan Spanyol sudah lama mendiskusikannya.

"Itu (diputuskan) juga bukan karena satu alasan. Kami (Moreno dan staf kepelatihan Spanyol) telah menyaksikan Kepa bermain cukup baik di Liga Europa, jadi Anda sudah bisa menebak dia ada di kondisi bagus. Tapi, kami juga harus memeriksanya di tim," imbuh Moreno.

"Saya telah berbicara kepada Luis Enrique Jumat lalu, tepat sebelum laga, dan kami memperbincangkannya, dan selepas laga, kami memutuskan untuk menjaganya di susunan pemain."

"Itu bukan hanya pada satu momen kongkrit ketika kami memutuskan, tapi kami sudah lama menyusun susunan pemain dalam waktu lama, dan kemudian ketika Anda memiliki informasinya, itulah yang mendorong Anda untuk mengambil keputusan," pungkas Moreno.

Ditambahkan oleh Kepa, mantan kiper Athletic Bilbao itu memahami kekecewaan De Gea karena tidak menjadi starter kontra Swedia. Namun, Kepa hanya fokus kepada pekerjaannya untuk fokus berlatih dan memberikan yang terbaik ketika dipercaya bermain.

"Saya akan terus bekerja seperti biasanya, melakukan yang terbaik dengan klub saya untuk menjaga keyakinan pelatih. Siapa pun yang bermain akan melakukannya dengan sangat baik," ucap Kepa.

"Tentu saja saya paham David sedih dan kecewa, kami semua berlatih untuk bermain dan kemudian semuanya keputusan pelatih, bergantung juga kepada Anda untuk meresponsnya."