Asprov PSSI Jatim Gelar Liga 3 dengan Format Home Tournament

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 09 Agustus 2021
Asprov PSSI Jatim Gelar Liga 3 dengan Format Home Tournament
Laga Liga 3 2019. (BolaSkor.com/Keenan Wahab)

BolaSkor.com - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur menyambut positif dukungan pemerintah atas rencana bergulirnya kompetisi musim 2021/2022. Mereka lantas mematangkan rencana memutar Liga 3 regional Jatim. Kompetisi level ketiga dalam sistem liga sepak bola Indonesia ini berpotensi diikuti 72 tim.

Sebelumnya pada Jumat (6/8) lalu, telah digelar rapat koordinasi (rakor) antara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dengan PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Hasilnya, pemerintah mendukung penuh gelaran Liga 1 2021/2022 yang rencananya akan bergulir pada 20 Agustus mendatang. Dengan catatan protokol kesehatan (prokes) dipatuhi sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga:

Skuat Persija Jalani Pemeriksaan Medis Jelang Liga 1

Arema FC Belum Menutup Aktivitas Transfer Pemain

"Kalau Liga 1 nanti bisa bergulir, otomatis kami juga akan memutar kompetisi Liga 3 di mana saat ini sudah ada 72 klub Jatim yang mendaftar," jelas Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini dalam siaran pers yang diterima BolaSkor.com.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Dyan Puspito Rini. (Humas Asprov PSSI Jatim)

Ririn, sapaan akrabnya, menyebutkan Liga 3 Jatim dijadwalkan bergulir pada awal November. Dipilihnya bulan November karena PSSI Jatim masih fokus perhelatan PON XX/2020 Papua pada September-Oktober 2021 mendatang. Kendati demikian, bergulirnya Liga 3 Jatim ini tetap linier dengan izin Liga 1.

"Semua Asprov yang tim sepak bolanya lolos ke Papua pasti menyiapkan tim pada periode September-Oktober, termasuk Jatim. Karena itu, dalam rapat Exco PSSI Jatim beberapa waktu lalu diputuskan Liga 3 dimulai pada awal November," terang mantan atlet layar Jatim ini.

Nantinya, Liga 3 Jatim musim ini tidak menggunakan sistem home away. Melainkan home tournament di 14 kota yang rencananya menjadi tuan rumah. Dengan skenario 72 klub yang mendaftar dinyatakan lolos verifikasi, maka akan dibagi menjadi 14 grup di mana masing-masing grup dihuni lima klub dan ada dua grup yang dihuni enam klub.

"Bisa jadi 72 klub ini tidak semua lolos verifikasi. Saat ini kami melakukan verifikasi terhadap 72 klub pendaftar itu. Kalau ada yang tidak lolos tentunya berkurang, tapi rencananya masing-masing grup ada lima klub," Ririn menjelaskan. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Liga 3 Asprov jawa timur Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan