Badai COVID-19 Hantam Liga 1, 19 Orang Dinyatakan Sembuh

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 02 Februari 2022
Badai COVID-19 Hantam Liga 1, 19 Orang Dinyatakan Sembuh
Konferensi pers LIB di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Selasa (1/2). (LIB)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampaikan kabar baik di tengah meningkatnya penyebaran COVID-19 di klub-klub peserta Liga 1 2021/2022. Per Rabu (2/2) siang WIB, LIB mengumumkan 19 orang telah negatif virus corona.

"Untuk kesembuhan sampai hari ini, kami mulai dari pemeriksaan kemarin, 19 orang dinyatakan sembuh," kata dokter tim Satgas COVID-19 Liga 1, Alfan Nur Asyhar, dalam konferensi pers di Hotel Haven, Seminyak, Kuta, Bali, Rabu (2/2).

Sebelumnya, kemarin, Selasa (1/2), LIB mengumumkan ada total 68 orang yang terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial sejumlah klub Liga 1 2021/2022 terpapar COVID-19.

Jumlah tersebut belum ditambah enam pemain Persik Kediri dan tambahan beberapa penggawa Persebaya Surabaya yang terdeteksi positif COVID-19 saat dilakukan tes pagi tadi.

"Untuk kasus (positif COVID-19) memang ada peningkatan, tapi kasus ini ketika ambil (sampel) PCR itu berdasarkan hasil pengambilan reguler. Itu biasanya kita main empat hari sekali, berarti setiap empat hari diambil. Dari pengambilan itu, fluktuatif. Ada yang positif, ada yang sembuh. Ada yang positif, ada yang sembuh. Jadi dinamis," ujar Alfan.

Baca Juga:

Persib Hanya Punya 13 Pemain, Laga Kontra PSM Ditunda

Hasil Liga 1: Persik Tundukkan PSS, Borneo FC Tahan Persita

Alfan menambahkan, meski tingkat penularan COVID-19 di beberapa klub Liga 1 cukup tinggi, namun tingkat kesembuhan juga terhitung cukup cepat.

Selain itu, para pemain yang terpapar hampir 90 persen tidak bergejala.

"Sisanya gejala ringan, contohnya tenggorokan gatal, terus pilek, tapi tidak sampai yang keluar ingusnya, seperti hanya sedikit meler."

"Demam tinggi enggak ada, jadi hanya merasa badannya sedikit tidak enak, hangat, tapi hangat juga ini kriterianya (suhu di) 36,5 derajat celcius, lalu 36,8 derajat. Masih di bawah 37,5 derajat sebagai syarat tidak boleh masuk ke stadion," ujarnya.

Adapun akibat peningkatan kasus positif COVID-19 dalam beberapa hari terakhir, LIB sudah menunda dua pertandingan pekan ke-22.

Dua laga yang ditunda itu adalah Madura United kontra Persipura Jayapura dan PSM Makassar vs Persib Bandung.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB COVID-19 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.326

Bagikan