Bali United Gantungkan Harapan Lain pada Aleksandar Stefanovski

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 29 Desember 2020
Bali United Gantungkan Harapan Lain pada Aleksandar Stefanovski
Aleksandar Stefanovski. (Bali United)

BolaSkor.com - Bali United berharap banyak pada sosok Aleksandar Stefanovski. Selain membuat kejutan di Indonesia Basketball League (IBL) 2021, pelatih asal Makedonia ini juga diharapkan memberi pengaruh pada pembinaan pemain usia muda di Pulau Dewata.

Aleks, sapaan akrabnya, bukan sekadar berstatus pelatih asing. Namanya pun masih asing di telinga pecinta basket Tanah Air. Keputusan Bali United menetapkan Aleks sebagai pelatih kepala pun disebut sebagai sebuah kejutan.

Aleksandar Stefanovski sejatinya merupakan pelatih pendatang baru di dunia profesional. Dia baru semusim melatih tim profesional, tepatnya tahun 2019. Sebelum itu, Aleks hanya menjadi pelatih tim basket kelompok umur di Hong Kong.

Baca Juga:

Sempat Deal dengan Jamarr, Bali United Tanpa Naturalisasi di IBL 2021

Jelang Tampil di IBL 2021, Bali United Galang Dukungan

Namun, debutnya bersama tim Hong Kong, Winling Basketball Club dianggap cukup bagus. Aleksandar Stefanovski bersama timnya menempati peringkat ketiga pada akhir musim Hongkong Top Division 2019. Ketika Aleks tertarik ke Indonesia, Bali United pun langsung mengikatnya.

"Dari beberapa kali interview, kami memiliki kecocokan visi misi. Playing style atau filosofi basket pun juga cocok. Walau track record di level profesional baru setahun, tapi sudah berprestasi," terang Presiden Bali United Basketball, Philmon Tanuri, Senin (28/12).

Ternyata IBL 2021 bukan satu-satunya tujuan utama Bali United mengontrak Aleks. Dengan pengalaman Aleks membawa tim basket kelompok umur berprestasi, hal itu diharapkan ikut berimbas pada potensi basket di Pulau Dewata.

Dari catatan sebelumnya, Aleks pernah mengantarkan tim Independent Foundation School U-14 menjuarai Division 2, ISSFHK musim 2015/2016 dan 2016/2017. Bersama Hongkong International School U-14, Aleks juga pernah meraih gelar musim 2019.

"Kami suka ketika dia sudah melatih di Asia lebih dari lima tahun. Kami pun suka track record dia di kelompok umur. Itu karena salah satu fokus kami adalah pembinaan pemain muda di Bali. Harapan kami coach Aleks bisa membantu itu juga," jelas Philmon Tanuri.

Namun IBL 2021 tetap saja jadi ajang penting bagi Aleks dan Bali United. Sebagai debutan, aksi Bali United sangat dinanti di IBL 2021. Mereka terlahir dengan latar belakang kesuksesan tim sepak bolanya menjuarai Liga 1 2019.

Modal penting sudah dipunya pada musim perdana. Mereka memiliki daftar roster yang dianggap bisa mengejutkan di IBL 2021. Di antaranya Surliyadin, Lutfi Koswara, Tri Hartanto, Yosua, Daniel Wenas, Rico Aditya Suharno hingga Ponsianus Nyoman "Komink" Indrawan.

IBL 2021 akan dimulai pada 15 Januari mendatang di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta. Masih ada waktu bagi Aleks untuk menempa Daniel Wenas dkk. Bali United dijadwalkan bertolak ke Jakarta pada 4 Januari 2021. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)

Bali United IBL Basket Aleksandar Stefanovski Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan