Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Erick Thohir Dapat Dua Instruksi dari Presiden Jokowi

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 31 Maret 2023
Batal Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Erick Thohir Dapat Dua Instruksi dari Presiden Jokowi
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Istimewa/Media PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir melaporkan hasil pertemuannya dengan FIFA dalam hal ini Presiden Gianni Infantino pada Rabu (29/3), kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3). Erick sekaligus menyerahkan surat Presiden FIFA Gianni Infantino untuk Presiden Joko Widodo.

Pertemuan Erick Thohir dengan Gianni terkait Piala Dunia U-20 2023, yang dijadwalkan digelar di Indonesia. Menyusul pertemuan tersebut, FIFA memutuskan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah.

Ada dua instruksi Presiden Jokowi. Salah satunya langkah agar FIFA tidak menjatuhkan sanksi kepada sepak bola Indonesia menyusul batalnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia, Luis Milla Berusaha Jaga Motivasi 3 Pemain Timnas U-20

Berusaha Move On, Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos Piala Dunia

"Membaca surat tersebut, presiden menginstruksikan saya dua hal: satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera diberikan kepada FIFA," ujar Erick dalam rilis.

Jokowi juga meminta Erick Thohir untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Jokowi, ucap Erick, tidak ingin Indonesia dikucilkan dari peta sepak bola dunia.

Erick Thohir terus berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia terjadi, bukan wacana. Erick juga akan bekerja keras untuk kembali bernegoisasi kepada FIFA menghindari sanksi yang bisa terjadi.

"Karena dari FIFA sendiri tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi, tapi kalau dilihat dari suratnya jelas bahwa FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia," kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Erick sedang menunggu undangan FIFA setelah mereka melakukan rapat FIFA council. Rencananya, Erick akan kembali bertemu dengan FIFA dalam beberapa hari ke depan.

Erick thohir Presiden joko widodo Pssi Fifa Piala dunia u-20
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan