Bek Persija Marco Motta Sempat Terkejut dengan Tradisi Cium Tangan di Indonesia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 20 Juli 2020
Bek Persija Marco Motta Sempat Terkejut dengan Tradisi Cium Tangan di Indonesia
Marco Motta. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Budaya cium tangan atau yang biasa dikenal dengan kata salim sudah menjadi budaya turun-temurun di Indonesia. Cium tangan menjadi cara bagi orang yang lebih muda menunjukkan hormat kepada yang lebih tua.

Budaya ini juga terjadi di sepak bola, salah satunya saat pergantian pemain. Pemain muda yang masuk menggantikan pemain yang lebih senior biasanya melakukan salim atau cium tangan.

Di belahan bumi lain, khususnya di negara-negara Eropa, budaya ini tak biasa bahkan dimaknai berbeda oleh sebagian orang. Mengingat di sebagian negara Eropa salim biasanya hanya dilakukan oleh seorang pria kepada wanita sebagai bentuk hormat.

Baca Juga:

Ferry Paulus Yakin Stadion Sultan Agung Bertuah bagi Persija Jakarta

Bali United Pastikan Dua Tes Sebelum Latihan

Pemain Persija Jakarta, Marco Motta kaget ketika tradisi tersebut terjadi padanya. Pengalaman itu pernah didapatkan saat pemain muda Persija, Resky Fandi melakukan salim kepadanya saat pergantian pemain ketika Persija melawan klub Singapura, Geylang FC dalam sebuah laga uji coba, 23 Februari 2020 lalu.

Marco Motta mengaku sampai terkejut dengan yang dilakukan Resky kepadanya. Motta menilai budaya itu merupakan hal yang baru yang didapat saat berkarier di Indonesia. Tapi setelah bertanya mengenai maknanya ia pun antusias bisa mengenal banyak budaya baru di Indonesia.

“Sebagai orang barat, gerakan ini sangat mengejutkan saya karena tidak lazim dalam budaya kami. Tapi sekarang saya sudah tahu dan saya menyukainya,” kata pemain berusia 34 tersebut.

“Kini saya akan belajar dan memahami budaya baru yang ada di negara ini. Apalagi orang di Indonesia yang saya jumpai di sini sangat sopan dan ramah meskipun baru saya kenal,” tutupnya.

Marco motta Liga 1 Persija jakarta
Posts

4.871

Bagikan