BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menjalin komunikasi dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Senin (3/10) malam. Komunikasi salah satunya membicarakan soal Tragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa.

Hal ini disampaikan usai menjenguk korban Tragedi Kanjuruhan di RUSD Dr. Saiful Anwar, Malang, Rabu (5/10) siang. Jokowi kembali mengatakannya saat berada di Stadion Kanjuruhan.

"Senin malam saya juga sudah telepon Presiden FIFA Gianni Infantino. Beliau menyampaikan kalau diperlukan FIFA bisa membantu memperbaiki tata kelola persepak bolaan Indonesia. Beliau menyampaikan kesanggupannya," kata Jokowi.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Ingin Stadion untuk Liga Indonesia Diaudit

Sanksi untuk Arema FC Sudah Paling Berat

Komunikasi juga membahas soal Piala Dunia U-20 2023, seperti disampaikan Jokowi usai Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Rabu (5/10) pagi.

Dalam kunjungannya ke Malang, Jokowi juga menyatakan perintahnya ke Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Ia meminta agar Basuki melakukan audit terhadap bangunan stadion, yang dipakai untuk laga Liga 1, 2, dan 3.

Audit tersebut dilakukan untuk mengetahui perbaikan yang harus dilakukan. Sehingga keselamatan penonton atau suporter bisa dipastikan dan kejadian di Stadion Kanjuruhan tidak terulang.

"Sebagai gambaran saya melihat problemnya di pintu yang terkunci. Dan tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan, tapi itu saya hanya melihat lapangan, tetapi nanti semuanya disimpulkan tim independen pencari fakta. Yang paling penting seluruh bangunan stadion akan diaudit oleh Kementerian PU."