BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memerintahkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, untuk mengaudit seluruh bangunan stadion yang dipakai untuk Liga Indonesia. Jokowi tak ingin tragedi di Stadion Kanjuruhan terulang kembali.

Tragedi Kanjuruhan memakan ratusan korban jiwa. Akses keluar dari tribun yang tertutup disebut-sebut menjadi salah satu faktor penyebab.

"Paling penting saya juga mau ke stadion. Saya akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, 2, dan Liga 3," kata Jokowi.

Baca Juga:

Luis Milla Istirahatkan Skuat Persib

Tragedi Kanjuruhan Makan Ratusan Korban, FIFA Bakal Kunjungi Indonesia

Hal ini disampaikan usai menjenguk korban Tragedi Kanjuruhan di RUSD Dr. Saiful Anwar, Malang, Rabu (5/10) siang. Jokowi akan melanjutkan kunjungannya di Malang ke Stadion Kanjuruhan.

"Apakah gerbangnya sesuai standar, cukup lebar, apakah gerbangnya ukurannya sesuai standar, manajemen lapangan yang memegang kendali siapa."

"Dari peristiwa ini harus kita perbaiki semuanya. Manajemen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadion, semua. Kita tidak ingin peristiwa di Kanjuruhan terjadi kembali di negara kita."

Lewat kunjungannya, Jokowi ingin memastikan pelayanan terbaik untuk korban yang dirawat. Jokowi juga ingin mengetahui bagaimana situasi di malam pertandingan, sekaligus akar masalah yang menjadi penyebab tragedi.

Jokowi berpesan kepada pasien untuk tetap semangat dan segera sembuh. Adapun seluruh biaya perawatan ditanggung pemerintah dan pemerintah daerah, Jokowi juga menyampaikan santunan pemerintah.