Bernardo Tavares Ungkap Kunci PSM Makassar Juara Liga 1

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 01 April 2023
Bernardo Tavares Ungkap Kunci PSM Makassar Juara Liga 1
Selebrasi juara PSM Makassar. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

BolaSkor.com - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mengungkapkan rahasia timnya seusai menyegel juara Liga 1 2022/2023. Menurutnya, kesuksesan Juku Eja bukan karena dirinya seorang.

Kepastian PSM merebut supremasi tertinggi musim ini didapatkan setelah menaklukkan Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamellingan, Pamekasan, Jum'at (31/3) malam WIB.

"Ini bukan tentang pelatih tetapi ada banyak hal besar di belakangnya. Apalagi musim lalu kami nyaris terdegradasi. Perjuangan ini, kerja keras kami membuat semuanya makin kuat. Tak hanya pemain dan staf tetapi juga suporter," ungkapnya.

Pelatih asal Portugal itu mengungkapkan bila sukses timnya tak pernah diduga siapapun. Apalagi di awal musim, mereka mendapatkan banyak rintangan.

Baca Juga:

Hasil Liga 1 2022/2023: Persija Jakarta Bungkam Persib Bandung 2-0

Hasil Liga 1 2022/2023: PSM Makassar Juara Usai Kalahkan Madura United

"Sejak awal musim, tak ada yang percaya dengan tim ini. Dari awal musim tidak ada yang bilang kami bisa melangkah sejauh ini. Suporter tetap datang ke Pare-Pare dan memenuhi stadion. Itu fantastis," ujarnya.

"Dari situasi sulit itu membentuk orang-orang yang tangguh dan juga waktu yang baik. Kenapa saya katakan ini, karena saya tahu tidak mudah mendapatkan hasil ini menjadi juara Liga 1," jelas Bernardo.

PSM memang mengalami banyak masalah di awal musim seperti terusi dari Makassar karena tak ada lapangan yang layak hingga harus menjalani trial di pramusim bahkan Piala AFC.

"Itu sangat luar biasa. Terkadang kami merasa kelelahan tetapi kehadiran mereka memberikan energi ekstra. Itu mengubah semuanya, untuk melakukan kerja yang lebih baik. Mereka yang berada di sini bekerja keras, mereka seorang pejuang. No pain no gain," tandasnya. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Madura)

Psm makassar Bernardo Tavares Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan