BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, memberi pesan pada Arkhan Kaka Putra Purwanto dkk. untuk menegakkan fair play di setiap pertandingan. Ia tak ingin mentalitas terganggu rivalitas panas dengan Vietnam.

Vietnam menjadi lawan terakhir Indonesia pada fase Grup A Piala AFF U-16 2022. Laga yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8), sudah dibumbui rivalitas kedua negara.

Suporter juga diprediksi akan memenuhi stadion, setelah dua laga awal masih terbilang sepi. Bima Sakti pun mengantisipasi rivalitas ini dengan memperingatkan para pemain.

Baca Juga:

Thailand Ditahan Laos, Timor Leste Menang 10-0

Bima Sakti Minta Masyarakat Tak Terlalu Memuji Timnas Indonesia U-16


"Kami ajari pemain, dalam situasi apa pun kalau ada pemain cedera, buang bola keluar. Ada yang menjatuhkan lawan, tolong bantu lawan," kata Bima Sakti.

Sikap ini bukan berarti Indonesia memberi ruang Vietnam untuk bisa mengembangkan permainan. Sebagai sesama pesepak bola, penting untuk menegakkan fairplay.

"Kita mengedukasi pemain untuk bisa respect terhadap siapa saja, apalagi lawan Vietnam, kita tetap respect, tapi juga tetap fight karena kita ingin menang atas mereka," tutur Bima Sakti.

Bima Sakti menyebut tim pelatih sudah mempersiapkan pertemuan melawan Vietnam dengan maksimal. Selain melakukan rotasi pemain saat lawan Singapura, Bima Sakti juga menganalisis permainan Vietnam.

"Lawan Vietnam harus kita persiapkan dengan baik. Kita sudah berikan tugas pada asisten pelatih untuk melihat pertandingan mereka melawan Filipina. Video pertandingan mereka akan kita tonton pada H-1 pertandingan," jelas Bima Sakti.

Ada dua sesi latihan yang dimiliki Indonesia setelah partai melawan Singapura. Fokus utama tim pelatih adalah mengembalikan kebugaran para pemain.

"Hari Sabtu nanti kita harus lebih waspada karena Vietnam tim bagus. Semoga pemain bisa cepat recovery," papar Bima Sakti. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)