Bintang Laga Rep Ceko Vs Denmark: Thomas Delaney, Komando di Lini Tengah

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 04 Juli 2021
Bintang Laga Rep Ceko Vs Denmark: Thomas Delaney, Komando di Lini Tengah
Thomas Delaney (@EURO2020)

BolaSkor.com - Timnas Denmark melanjutkan perjalanan mereka di Piala Eropa 2020. Danish Dynamite - julukan Denmark - melaju ke semifinal usai menyingkirkan Republik Ceko di Stadion Olimpik, Baku, Sabtu (03/07) malam WIB.

Denmark unggul melalui gol yang dicetak Thomas Delaney (5') dan Kasper Dolberg (42') yang diperkecil Patrik Schick (49'). Denmark kalah penguasaan bola tapi mereka bertahan solid dan bermain efisien.

Untuk kali pertama sejak 1992 Denmark mencapai semifinal Piala Eropa dan di tahun tersebut Denmark menjadi juara. Fans sudah dapat bermimpi saat ini meski nanti di semifinal akan menghadapi tim favorit juara, timnas Inggris.

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Rep Ceko 1-2 Denmark: Semifinal Pertama Sejak 1992

Piala Eropa 2020 - 6 Pemain Kunci Denmark Selain Christian Eriksen

Profil Kasper Dolberg, Pernah Dilatih Bergkamp, dan Mantan Rekan Setim Ezra Walian

Gol Thomas Delaney ke gawang Republik Ceko

"Ini ajaib. Hal pertama yang saya tunjukkan kepada tim ketika kami bertemu adalah gambar Wembley dari ketika kami berada di sana pada musim gugur," ucap pelatih Denmark, Kasper Hjulmand di laman resmi UEFA.

"Saya mengatakan bahwa kami akan kembali. Rasanya seperti kami bermain di stadion Denmark lagi, karena atas dukungan para penggemar kami. Kami sangat berterima kasih."

Dalam pertandingan tersebut gelandang berusia 29 tahun, Thomas Delaney menjadi Man of the Match. Tidak hanya mencetak gol dia juga menjadi komando di lini tengah Denmark.

Kunci di Lini Tengah Denmark

Kelebihan skuad Denmark saat ini pasca Christian Eriksen kolaps dan tak lagi bermain adalah kolektivitas. Gol bisa datang dari banyak pemain dan semua bisa jadi pembeda.

Sebut saja seperti Kasper Dolberg, Joakim Maehle, Martin Braithwaite, Simon Kjaer, hingga Thomas Delaney. Nama yang disebut terakhir juga merupakan pemain andalan di klubnya Borussia Dortmund.

Delaney mencetak gol pembuka Denmark tapi juga menjadi penyeimbang lini tengah. Delaney melapis lini belakang, membantu tim melakukan transisi bermain, dan melakukan penetrasi ke lini depan.

"Dia (Delaney) mencetak gol pertama yang sangat penting dan bekerja keras di lini tengah. Dia penting untuk transisi Denmark ke lini depan dan mampu mengatur area kunci di lini tengah," tutur pengamat teknik UEFA, Dusan Fitzel.

Delaney senang Denmark bisa lolos ke semifinal setelah terakhir melakukannya pada 1992, meski begitu ia juga menyoroti jalannya laga yang tidak sesuai harapan kontra Republik Ceko.

"Luar biasa. Pertandingan tidak berkembang seperti yang kami harapkan, tetapi kami bertahan. Tidak masalah bagaimana pertandingan berjalan. Sekarang sudah dilupakan dan kami lolos," ucap Delaney.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini

Breaking News Bintang Laga Piala Eropa 2020 Timnas denmark Piala eropa Piala Eropa 2020
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan