Buang Keunggulan Dua Gol, Pelatih Persebaya Kecewa Kesalahan Terulang Lagi

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 02 Maret 2023
Buang Keunggulan Dua Gol, Pelatih Persebaya Kecewa Kesalahan Terulang Lagi
RANS Nusantara Vs Persebaya. (persebaya.id)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya membuang keunggulan dua gol hingga harus bermain imbang 2-2 dengan RANS Nusantara pada pekan ke-27 Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor (28/2) sore. Selain hanya membawa pulang satu poin, Persebaya juga gagal melakukan revans atas tim promosi tersebut.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, pertandingan berjalan seru selepas jeda. Pasalnya, empat gol yang tercipta dicetak pada babak kedua.

Diawali dengan keunggulan dua gol dari Persebaya melalui Sho Yamamoto pada menit ke-64 dan Paulo Victor Costa Soares di menit ke-70. Hanya saja RANS memperkecil ketertinggalan lewat Edo Febriansah (78') dan menyamakan kedudukan setelah bola liar di depan gawang Persebaya mengenai lutut Makan Konate (84').

Baca Juga:

Persik Kediri Berkomitmen Dukung Timnas U-22, Lepas Enam Pemainnya

PSM Makin Kokoh di Puncak, Bhayangkara FC Kalahkan PSIS


Pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku target meraih poin sebenarnya terpenuhi. Namun, dia kecewa lantaran tak percaya anak asuhnya gagal mengamankan tiga poin setelah unggul dua gol.

"Kami sudah unggul 2-0, tapi gol-gol (RANS) yang terjadi (karena) kesalahan pemain sendiri. Di latihan sudah saya antisipasi. Yang lebih terasa menyakitkan lagi gol kedua," keluh Aji Santoso dalam sesi jumpa pers usai pertandingan.

"Sebenarnya kalau dari target yang saya sampaikan kemarin, minimal dapat satu poin, tercapai. Saya mensyukuri mendapat poin. Tapi, meskipun dapat poin dan targetnya terpenuhi, saya merasa seperti kalah," tambahnya.

Pelatih berusia 52 tahun tersebut menyoroti proses dua gol balasan yang dicetak RANS. Menurutnya, M. Alwi Slamat dkk. kembali melakukan kesalahan seperti laga-laga Persebaya sebelumnya. Termasuk masih melakukan pelanggaran di wilayah pertahanan sendiri.

"Di latihan sudah saya antisipasi. Saya sudah mewanti-wanti jangan bikin pelanggaran. Itu pelanggaran sangat tidak perlu, bola masih jauh dan tidak berbahaya. Saya sangat marah ketika terjadi pelanggaran," jelas Aji Santoso.

Ya, kesalahan seperti itu tidak sekali dilakukan skuad Bajol Ijo. Sebelumnya, ketika takluk 0-4 dari Bali United dan PSM Makassar (0-1), gol-gol yang tercipta lantaran keteledoran para pemain Persebaya. Hal itu diperparah dengan dua gol bunuh diri Rizky Ridho Ramadhani dan Alwi Slamat.

"Ini akan kami evaluasi. Yang jelas, saya mengapresiasi gaya permainan pemain-pemain saya yang sudah memainkan gaya main Persebaya selama ini," beber pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu.

"Seri ini paling tidak mengangkat mental pemain. Kalau dari segi permainan tidak ada masalah. Kami menguasai jalannya permainan. Kami bermain cantik dan menghibur. Hanya sayang 2-0 di depan mata hilang gara-gara kesalahan," pungkas Aji Santoso.

Hasil ini tetap membuat Persebaya di peringkat ketujuh klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 38 poin dari 25 laga. Langkah memenuhi target ke tiga besar pun terasa lebih berat. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan