BolaSkor.com – Fase grup Liga Champions 2018-19 telah rampung selesai. 16 klub telah memastikan tempat di fase gugur. Tidak ada kejutan besar yang terjadi dari tim-tim yang lolos, selain kegagalan Inter Milan melaju ke-16 besar setelah cukup lama absen bermain di Liga Champions.

Sejauh ini, ada statistik menarik soal pembagian gol yang cukup merata di Liga Champions. Cristiano Ronaldo yang merajai status top skor Liga Champions selama beberapa musim terakhir, tidak ada dalam daftar delapan besar top skor sementara Liga Champions.

Posisi megabintang Juventus digusur oleh penyerang Polandia, Robert Lewandowski. Bomber Bayern Munchen menambah pundi-pundi golnya dalam drama enam gol di markas Ajax Amsterdam, dalam lanjutan laga terakhir grup E Liga Champions, Kamis (13/12) dini hari WIB.

Lewandowski, 30 tahun, mencetak dua gol (satu dari titik putih) dan satu gol lagi dicetak Kingsley Coman. Sementara tiga gol Ajax lahir dari Dusan Tadic (dua gol, satu penalti), Nicolas Tagliafico. Drama semakin menjadi karena kartu merah yang diterima pemain masing-masing tim.

Baca Juga

Hasil Pertandingan Liga Champions: Beda Nasib Duo Manchester

Bukan karena Cinta Bayern, Lewandowski Bertahan Berkat Dukungan Fans

Robert Lewandowski

Maximilian Wober di kubu Ajax dan Thomas Muller di Bayern diusir wasit di pertandingan yang berakhir dengan skor 3-3. Bayern tetap lolos sebagai pemuncak klasemen grup E dengan perolehan 14 poin, diikuti Ajax di peringkat dua dengan raihan 12 poin.

Lewandowski kini memuncaki daftar top skor sementara Liga Champions dengan torehan delapan gol, diikuti rival terdekat, Lionel Messi. Megabintang Argentina mencetak enam gol di fase grup B Liga Champions yang berisikan Inter, Tottenham Hotspur, dan PSV Eindhoven.

Sementara untuk pembagian gol lainnya cukup merata. Dari peringkat tiga hingga delapan, Neymar, Paulo Dybala, Edin Dzeko, Dusan Tadic, Andrej Kramaric, dan Moussa Marega berbagi gol yang sama, yakni lima gol.

Sayang, di antara mereka, Kramaric tidak bisa lagi menambah pundi-pundi golnya karena timnya, Hoffenheim, gagal lolos ke-16 besar dan harus puas menerima fakta pahit berada di dasar klasemen grup F dengan raihan tiga poin, di bawah Manchester City (13 poin), Olympique Lyonnais (delapan poin), Shakhtar Donetsk (enam poin).