Bukan Datangkan Klub Spanyol, Target LaLiga Majukan Sepak Bola Indonesia

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Selasa, 03 September 2019
Bukan Datangkan Klub Spanyol, Target LaLiga Majukan Sepak Bola Indonesia
Rodrigo Gallego Abad. (BolaSkor.com/Budi Prasetyo Harsono))

BolaSkor.com - Representatif LaLiga di Indonesia, Rodrigo Gallego, mengungkapkan tujuan kerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Rupanya, tujuan kerja sama bukanlah mendatangkan klub asal Spanyol ke Indonesia.

Dua tahun sudah LaLiga hadir di Indonesia. Berbagai inisiatif telah mereka lakukan untuk membantu sepak bola lokal, termasuk dengan bekerja sama dengan PT LIB.

Sejak Januari 2019, LaLiga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT LIB. Menurut Rodrigo, hal itu sejalan dengan misi LaLiga mengembangkan sepak bola lokal.

Meski begitu, patut dipahami apabila komitmen LaLiga tidak termasuk mendatangkan kesebelasan asal Spanyol. Setidaknya demikian ketika ditanyai pada acara peluncuran kompetisi itu di Jakarta, Selasa (3/9).

Baca Juga:

Dukungan Presiden hingga Langsung ke FIFA Bukti Peru Pesaing Serius Indonesia untuk Piala Dunia U-20

PSSI Dapat Dukungan Negara ASEAN untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Di Vamonos Coworking, Rodrigo Gallego mengungkapkan misi LaLiga di Indonesia. Rodrigo ingin membantu LIB membangun ekosistem sepak bola yang lebih baik.

"Ini hal yang biasa ditanyakan oleh media. Ini bukan dalam perjanjian dengan LIB, LaLiga tidak memaksa klub untuk datang ke Indonesia. Kalau mereka mau ke sini, kami akan membantu," tutur Rodrigo Gallego.

"Menyenangkan apabila ada pemain internasional seperti Marko Simic, atau pelatih asing di Indonesia. Namun, menurut saya, industri sepak bola suatu negara tergantung kepada talenta lokal."

"LaLiga bekerja sama dengan LIB untuk memajukan talenta lokal. Menurut saya, tugas pemain asing hanya untuk mentrasfer ilmu kepada para pesepak bola Indonesia," lanjutnya.

Sebelumnya, pernah ada klub LaLiga yang datang ke Indonesia. Klub yang dimaksud adalah rival satu kota Barcelona, Espanyol, yang menyambangi tanah air.

LaLiga Breaking News Indonesia
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan