Bukan Pencetak Gol Ulung, Tipikal Bermain Lionel Messi adalah Pengatur Serangan

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 27 Oktober 2019
Bukan Pencetak Gol Ulung, Tipikal Bermain Lionel Messi adalah Pengatur Serangan
Lionel Messi (Zimbio)

BolaSkor.com - Megabintang Barcelona, Lionel Messi, menuturkan gaya bermain dirinya yang lebih cenderung meminta bola, mengatur serangan, ketimbang pencetak gol ulung yang menantikan servis atau peluang dari rekan setimnya.

Messi, 32 tahun, dalam sedekade terakhir atau lebih selalu terkenal dengan persaingannya melawan sang rival, Cristiano Ronaldo, untuk jadi yang terbaik di dunia. Keduanya acapkali jadi pembeda untuk timnya masing-masing.

Cara mereka melakukannya pun berbeda. Ronaldo lebih banyak membantu tim melalui torehan golnya, sementara Messi, bisa mencetak gol seperti Ronaldo, tapi La Pulga lebih melihat dirinya sebagai pengatur serangan.

Bukan sebagai gelandang serang, pemain asal Argentina lebih suka meminta bola dari rekan setim, bergerak dari tengah atau sisi sayap, lalu dengan visi bermain dan operannya yang akurat, Messi bisa menciptakan peluang dengan kekuatan yang berada di kaki kidalnya.

Baca Juga:

Bola Salju Efek Negatif Brexit, Lionel Messi Bisa Jadi Korban

Selain Lionel Messi, Samuel Eto'o Sebut Andres Iniesta Pemain Terbaik Barcelona

Fakta Menarik Liga Champions 2019-2020: Lionel Messi dan Erling Haaland Catat Dua Rekor

Lionel Messi

"Saya bukan tipikal pencetak gol. Saya lebih suka mundur ke belakang, melakukan kontak dengan bola dan menciptakan (peluang). Saya juga suka tiba ke dalam kotak penalti dan mencetak gol, tapi saya tidak hidup untuk gol-gol," kata Messi bercerita kepada TyC Sports.

"Jika saya menghabiskan waktu terlalu lama tanpa menyentuh bola saya bisa pergi meninggalkan pertandingan,"

Sejak awal kariernya, Messi acapkali memulai permainan dari sisi kiri pertahanan lawan dan ia jadi penyerang sayap kanan, pemain yang suka melakukan penetrasi (inside striker) dan mencetak gol dengan kaki kirinya.

Tapi seiring berjalannya waktu, Messi lebih suka menjadi pengatur serangan dari lini tengah saat menguasai bola atau coba mendribelnya melewati satu-dua lawan.

"Saya telah belajar untuk mengontrol diri dalam pertandingan dan menemukan momen yang tepat. Ada waktunya ketika saya tidak harus terlibat (dalam permainan) dan saya menantikan untuk momen yang paling tepat," tambah Messi.

"Saya telah dewasa. Saya membaca permainan lebih baik sekarang dan tahu kapan dan bagaimana ambil bagian untuk jadi lebih efektif," pungkasnya.

Breaking News Lionel Messi Barcelona
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan