Bukan Total Football, Jan Olde Riekerink Bawa Filosofi Ini di Dewa United FC

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 10 Januari 2023
Bukan Total Football, Jan Olde Riekerink Bawa Filosofi Ini di Dewa United FC
Pelatih baru Dewa United FC, Jan Olde Riekerink, saat memberikan keterangan kepada awak media di Hotel Episode, Tangerang, Selasa (10/1). (Side.Id/Prasso)

BolaSkor.com - Kedatangan Jan Olde Riekerink sebagai pelatih anyar Dewa United FC memunculkan harapan baru. Satu di antaranya terkait dengan filosofi permainan Dewa United FC.

Sebagai pelatih asal Belanda, Jan Olde Riekerink tentu sangat melekat dengan total football. Taktik itu sempat membawa Tim Oranye mencapai era keemasan pada medio 1970 sampai 1980-an.

Namun, kata Jan, strategi dalam sepak bola terus berkembang, termasuk total football. Bagi dia, dasar dari total football adalah keseimbangan dalam permainan.

Jan menjelaskan bahwa di Belanda tidak semua klub memainkan gaya sepak bola tersebut. Sebab, hal itu akan tergantung dari lawan mana yang akan dihadapi.

"Saya rasa kalau kita lihat Piala Dunia kemarin juga banyak tim sangat mengikuti total football, bahkan negara-negara kecil. Tim-tim tersebut punya organisasi yang baik."

Baca Juga:

Jan Olde Riekerink Diharapkan Membawa Angin Segar untuk Dewa United FC

Amunisi Lini Depan Dewa United FC Bertambah, Muhammad Ridwan Merapat

"Saat bertahan, mereka bertahan bersama, begitu juga saat menyerang. Menurut saya itu adalah dasar dari total football," kata Jan Olde Riekerink dalam sesi konferensi pers di Hotel Episode, Gading Serpong, Tangerang, Selasa (10/1).

Jan Olde Riekerink menjelaskan, pendekatan yang akan dia bawa di Dewa United FC adalah memainkan sepak bola untuk menang. Dia akan berusaha menanamkan filosofi itu ke setiap pemainnya.

"Saya rasa sebagai pelatih saya ingin memainkan sepak bola untuk menang karena tujuan kita adalah meraih poin untuk naik posisi."

"Pelatih sebelum saya sudah melakukan hal yang baik untuk tim. Saya hanya fokus terhadap apa yang bisa saya kembangkan untuk tim ini," tutur eks asisten pelatih FC Porto itu.

Dewa United FC Jan Olde Riekerink Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan