Bustomi dan Pengalaman di Jerman Jadi Contoh Pelatih Persela

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 14 Juni 2021
Bustomi dan Pengalaman di Jerman Jadi Contoh Pelatih Persela
Iwan Setiawan. (Instagram Persela)

BolaSkor.com - Ada cerita menarik saat Persela Lamongan menjalani tes Vo2Max di Stadion Surajaya, Sabtu (12/6). Pada grup pertama, Ahmad Bustomi justru menjadi pemain terlama yang bertahan dalam tes tersebut dan menyelesaikan delapan putaran.

Hal ini kemudian dimanfaatkan Iwan Setiawan dalam memotivasi pemain-pemain yang ada di grup kedua. Pelatih asal Medan itu meminta para pemain yang lebih muda dari Bustomi untuk tidak kalah.

"Kami coba motivasi pemain setelah melihat Bustomi di grup pertama selesai. Grup kedua lalu saya beri briefing, mereka juga saya beri satu contoh lagi," ungkapnya.

Baca Juga:

Arema FC Resmi Datangkan Diego Michiels

Kondisi Fisik Pemain Persela Lamongan Mengkhawatirkan

Contoh yang dimaksud pelatih berusia 62 tahun itu adalah dirinya sendiri. Saat masih muda, Iwan Setiawan pernah berlatih di Jerman dan mendapatkan tes serupa seperti yang dihadapi anak asuhnya tersebut.

"Waktu saya di Jerman tahun 1986, saya bisa selesaikan sembilan putaran. Padahal saat itu saya masih berusia 17 tahun," jelas Iwan.

Motivasi yang diberikan Iwan berhasil, tiga pemain muda yakni Akbar, Revan Jibril, dan Ibrahim Musa Kosepa berhasil melampaui catatan Bustomi. Ketiganya berhasil bertahan hingga sembilan putaran.

"Jadi memang seperti itu, kadang-kadang persoalan pelatih di Indonesia harus sangat menguasai masalah psikologis. Kadang-kadang seperti itu," ujarnya sembari tersenyum. (Laporan Kontributor Arjuna Pratama/Lamongan)

Persela lamongan Iwan setiawan Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan