BolaSkor.com - Bali United coba maksimal dalam mengembangkan pebasket potensial Pulau Dewata. Setelah ikut Indonesia Basketball League (IBL) 2021, Bali United kini membentuk tim B.

Tim B ini bermaterikan pemain muda asal Bali. 13 pemain yang terjaring dari tahap seleksi digembleng langsung staf kepelatihan tim A yang dikepalai Aleksandar Stefanovski.

Presiden tim basket Bali United, Philmon Tanuri mengatakan pembentukan tim B ini merupakan upaya agar regenerasi pebasket Bali terus berjalan.

"Ini merupakan salah satu misi kami ketika membentuk tim basket di Bali, untuk mengembangkan pemain asli Bali," terang Philmon Tanuri.

Ketika latihan langsung diawasi Aleksandar Stefanovski, visi bermain tim B tentu disesuaikan dengan gaya tim A. Bila ini berjalan bagus, Made Arjuna Pande dkk. tak kesulitan beradaptasi ketika dipromosikan ke tim A.

Bali United pun akan dimudahkan dalam pencarian rookie. Menatap IBL 2022, Bali United masih punya rencana untuk menambah satu hingga dua rookie.

Baca Juga:

Kristian Liem Berpisah Jalan dengan Satria Muda

Awal Mula Julukan Cacing Melekat di Wahyu Widayat Jati

"Kami juga terbuka untuk ambil pemain dari daerah lain, tapi untuk sementara ini fokus kami pemain dari Bali," tutur pria yang juga putra dari pengusaha nasional, Pieter Tanuri ini.

Philmon cukup paham bahwa potensi basket Bali tak hanya di sektor putra, namun juga sektor putri. Buktinya, pada PON 2020, Bali meloloskan tim putra dan tim putri.

Untuk itu, ketika ditanya tentang pembentukan tim putri, Philmon menyebut kemungkinan itu cukup terbuka.

"Terbuka untuk kemungkinan ini (membentuk tim basket Bali United putri), tapi belum ada pembahasan lebih lanjut," jelas Philmon.

Terdekat, Bali United fokus penuh meraih prestasi pada IBL 2022. Abraham Wenas dkk. sudah menjalani persiapan di Bali. Bila berjalan sesuai rencana, IBL 2022 akan dimulai Januari mendatang. (Laporan kontributor Putra Wijaya/Bali)