Cara Persija Tekan Penyebaran COVID-19 yang Meningkat di Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 03 Februari 2022
Cara Persija Tekan Penyebaran COVID-19 yang Meningkat di Liga 1
Riko Simanjuntak, salah satu penggawa Persija yang terpapar COVID-19. (LIB)

BolaSkor.com - Persija Jakarta menyiapkan langkah untuk menekan penyebaran COVID-19 yang melanda kontestan klub Liga 1 2021/2022. Bahkan di tim Persija sudah ditemukan dua kasus positif COVID-19.

Dua penggawa Persija yang dinyatakan terpapar COVID-19 adalah Riko Simanjuntak dan Maman Abdurrahman. Riko sudah absen sejak Persija menghadapi Persita Tangerang, sedangkan Maman absen kala Macan Kemayoran bertanding dengan Persiraja Banda Aceh.

Dokter tim Persija, Donny Kurniawan, mengatakan dirinya selalu mengingatkan kepada para pemain untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap kegiatannya. Donny dan tim medis di Persija pun langsung bergerak cepat saat Riko dan Maman dinyatakan positif COVID-19.

"Ketika kami menemukan sebuah kasus positif berarti kami melakukan 3 T (Testing, Tracing, Treatment), testing merupakan bagian dalam tracing.Setelah itu ketika ditemukan kasus lagi kami akan melakukan treatment," kata Donny Kurniawan, dikutip dari laman resmi klub.

"Di Persija jika ada kasus keluhan demam atau tak enak badan langsung kami pisahkan kamarnya. Memang secara inkubasi sudah terjadi tapi kami berharap penularan belum terjadi,” tuturnya menambahkan.

Baca Juga:

Tanpa Gol Kontra Persebaya, Finishing Masih Menjadi Masalah PSIS

Persib Ikut Saja, Termasuk Jika Seri 4 Liga 1 Dipindah

Donny mengakui penyebaran COVID-19 khususnya varian omicron ini memang sangat cepat sehingga terkadang sulit untuk dihindari.

"Namun, kami tetap berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan awareness (kepedulian) di antara kami semua kalau saat ini dalam situasi pandemi dan kami harus meningkatkan kewaspadaan serta tidak ada keluar hotel," ujar Donny.

Dokter yang akrab disapa Docbro itu pun mengapresiasi langkah manajemen Persija yang langsung memberikan peringatan kepada setiap pemain dan ofisial untuk tidak melakukan kontak dengan orang di luar tim.

"Saya rasa untuk saat ini itu yang terbaik untuk kami lakukan,” ucapnya.

Adapun menurut data yang disampaikan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 1 Februari lalu disebutkan bahwa 68 orang yang terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial dari berbagai klub Liga 1 yang terpapar COVID-19. Dari 68 orang tersebut, data per Rabu (2/2), 19 orang dinyatakan sembuh.

Namun, jumlah ini bersifat fluktuatif. Pasalnya, kemarin, beberapa tim seperti Persebaya Surabaya, PSIS Semarang, Persib Bandung, dan Persik Kediri melaporkan penambahan kasus positif COVID-19.

Akibat adanya peningkatan kasus COVID-19 dalam beberapa hari terakhir, LIB harus menunda dua pertandingan di pekan ke-22. Dua laga yang ditunda itu adalah Madura United kontra Persipura Jayapura dan PSM Makassar vs Persib Bandung.

Persija jakarta COVID-19 Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.332

Bagikan