BolaSkor.com - Premier League memiliki cara unik untuk mengurangi penjualan jersey palsu. Mereka meluncurkan seragam dengan label pintar mulai musim 2019-2020.

Premier League baru saja berganti perusahaan tempat memproduksi nama, nomor punggung, dan logo di lengan. Sebelumnya mereka menggunakan jasa Sporting iD, kini Avery Dennison.

Dilihat sekilas, perubahan kecil terjadi pada logo Premier League yang ada di lengan pemain. Namun, sekilas tidak ada yang berbeda dengan nama dan nomor punggung pemain.

Akan tetapi, seorang penggemar sepak bola di Inggris menemukan perbedaan dari nama dan nomor punggung pemain. Rupanya, terdapat label pintar pada bagian tersebut.

Baca Juga:

Manchester United Vs Chelsea dan Fakta Menarik Pekan Perdana Premier League 2018-2019

Perandaian Manchester United dengan Ponsel iPhone dan Nokia

Logo Premier League

Setelah mengunduh aplikasi keluaran Avery Dennison, pria tersebut melakukan sebuah percobaan. Dia mengarahkan kamera ponselnya ke bagian nomor punggung pemain.

Rupanya, dengan aplikasi bernama Avery Dennison Smart Reader pembeli bisa melakukan scan ke nomor punggung jersey yang mereka beri. Ini akan mengonfirmasi apakah jersey yang mereka beli asli atau tidak.

Selain itu, terdapat konten eksklusif yang langsung bisa dibuka setelah melakukan scan tersebut. Pemilik jersey bisa mengaksesnya secara otomatis.

"Label cerdas ini dinisiasi dengan teknologi RFID yang mulai sering dipakai dalam kehidupan. Mulai dari pakaian, makanan, hingga mobil dan obat-obatan," tulis pernyataan resmi Avery Dennison.

Ini bukan kali pertama label pintar digunakan dalam sepak bola. Nike sempat menggunakannya sepanjang musim 2018-2019 pada seragam ketiga Chelsea.