Cedera Tendon Achilles, Lerby Eliandry Akhiri Liga 1 Lebih Cepat

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 01 Februari 2023
Cedera Tendon Achilles, Lerby Eliandry Akhiri Liga 1 Lebih Cepat
Lerby Eliandry. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Penyerang Bali United, Lerby Eliandry Pong Babu harus mengakhiri kompetisi Liga 1 2022/2023 lebih cepat. Lerby akan menepi enam bulan karena cedera tendon achilles.

Serdadu Tridatu tak melakukan penambanan penyerang pada bursa transfer tengah musim ini. Mereka cukup percaya diri dengan keberadaan Ilija Spasojevic serta Lerby Eliandry sebagai bomber nomor sembilan.

Penambahan pemain hanya terjadi pada posisi penjaga gawang, bek, dan gelandang. Hampir semua sudah diberi kesempatan untuk turun pada pertandingan Liga 1.

Namun, hal tak terduga terjadi pada masa persiapan. Bali United harus kehilangan Lerby dalam waktu yang lama karena mengalami cedera.

Baca Juga:

Pelatih Dewa United FC Indikasikan Egy Maulana Vikri Debut Lawan Madura United

Lepas Witan Sulaeman ke Persija, AS Trencin: Alasan Keluarga


"Lerby mengalami cedera robek pada tendon achilles saat mengikuti sesi latihan bersama tim," kata Dokter tim Bali United, dr. Ganda Putra, Rabu (1/2).

Tindakan langsung dilakukan setelah tim medis melihat Lerby Eliandry cedera. Dari hasil pengecekan, Lerby harus menjalani operasi dan dipastikan absen hingga akhir Liga 1 2022/2023.

"Tidak lama dari kejadian cedera, kita langsung melakukan pemeriksaan penunjang dan hasilnya memang ada robekan. Maka langsung dilakukan tindakan operasi," tutur dr. Ganda.

"Kemudian, tindakan selanjutnya melakukan penguatan otot dan latihan di sekitaran sendiri kurang lebih selama enam bulan. Baru nanti diberikan latihan khusus spesifik sampai bisa return to sport lagi," lanjut dr. Ganda.

Cedera Lerby mirip dengan yang dialami bek Persis Solo, Fabiano Beltrame. Bedanya, cedera itu didapat Fabiano dalam pertandingan Liga 1 melawan Persikabo 1973 pada 23 Januari 2023 lalu.

Fabiano mengalami robekan komplet pada tendon achilles dengan cedera kompleks ligamen anterior talofibular ligament (ATFL) dan calcaneofibular ligament (CFL).

Waktu yang dibutuhkan Fabiano diperkirakan lebih lama dibandingkan Lerby Eliandry. Fabiano baru siap kembali ke lapangan setelah sepuluh hingga 12 bulan. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Lerby eliandry Bali United Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan