BolaSkor.com - Barcelona memutuskan tidak memainkan Lionel Messi dari menit pertama saat menjamu Real Madrid pada leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis (7/2) dini hari WIB. Laga yang berlangsung di Camp Nou itu sendiri berakhir imbang 1-1.

Pada saat orang berbicara tentang era El Clasico tanpa Messi dan Cristiano Ronaldo, laga kemarin memperlihatkan sikap kehati-hatian Barcelona terhadap Messi. Barcelona memang masih sangat bergantung kepada bintang yang pertama kali mengikat kontrak sebagai profesional 15 tahun silam itu.

Di sisi lain, Barcelona juga tidak ingin menguras energi sang bintang, yang merupakan bukti dari begitu tergantungnya Blaugrana kepada Messi.

Baca Juga:

Mengenang Munich Disaster, Ketika Tragedi Meruntuhkan Tembok Rivalitas

Joaquin Sanchez, Pahlawan Betis dan Prajurit Veteran di Liga-nya Lionel Messi

Coutinho-Malcom

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tampaknya masih terbayang dengan kegagalan timnya melaju ke semifinal Liga Champions tahun lalu. Kegagalan yang banyak yang menyebut tidak lepas dari faktor kebugaran Messi. Karenanya, kali ini Valverde sangat berhati-hati terkait menjaga kesehatan Messi.

Apa boleh dikata, Messi yang sejatinya menyimpan tenaga, acap 'terpaksa' dimainkan untuk menyelamatkan Barcelona, seperti laga El Clasico kemarin. Messi akhirnya dimainkan, lima menit setelah Malcom membuat skor imbang 1-1.

Baru satu menit di atas lapangan, Messi merasakan sesuatu pada paha belakangnya. Meski hanya gangguan minor, kubu Barcelona sempat cemas. Terlebih laga 16 besar Liga Champions sudah di depan mata.

Melihat kejadian di El Clasico, kini Barcelona, khususnya Valverde, dihadapkan dengan dilema. Apakah Messi akan dimainkan pada laga melawan Athletic Bilbao atau tidak?

Paling tidak, sepanjang Februari ini, Barcelona mau tidak mau harus sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan, memainkan Messi atau tidak.