Joaquin Sanchez, Pahlawan Betis dan Prajurit Veteran di Liga-nya Lionel Messi

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 06 Februari 2019
Joaquin Sanchez, Pahlawan Betis dan Prajurit Veteran di Liga-nya Lionel Messi
Joaquin Sanchez (Foto: @GiorgiGarcia)

BolaSkor.com – "Matador non ci lasciare, con la pelota c'hai fatto innamorare" (Matador jangan tinggalkan kami. Dengan bola di kaki Anda, Anda telah membuat kami mencintai Anda). Itulah banner yang dibentangkan fans Fiorentina pada 2015 kepada Joaquin Sanchez ketika pikirannya sudah tertuju kepada satu hal: kembali ke Real Betis.

Segitu cintanya publik Firenze kepada Joaquin menunjukkan betapa besar karakter sang pemain. Percaya atau tidak, Joaquin masih eksis saat ini. Bukan sebagai pemerhati sepak bola yang selalu berbicara di depan televisi, melainkan pesepakbola aktif yang tengah membela Betis pada usia 37 tahun.

Bak tembang kenangan yang syahdu, gocekannya masih menghipnotis pecintanya di Spanyol dan di seluruh dunia. Kala mantan rekan setimnya yang legendaris di Valencia pensiun semisal: David Albelda, Vicente, Santiago Canizares, Ruben Baraja, Carlos Marchena pensiun, Joaquin masih asyik menikmati kariernya sebagai pesepakbola profesional.

Juan Mata, David Silva, David Villa, juga pernah bermain dengan Joaquin di Valencia. Seluruh pemain itu pernah bersama dengannya ketika menjuarai Copa del Rey 2007-08. Masih bermainnya Joaquin di LaLiga menjadi suatu catatan manis di liga yang dapat dikatakan liga-nya Lionel Messi, khususnya musim ini (2018-19) sepeninggal Cristiano Ronaldo ke Juventus.

Baca Juga:

LaLiga Jadi Sponsor Piala Davis

Statistik Penunjang Ketergantungan Akut Barcelona kepada Lionel Messi Musim Ini

Skuat lawas Valencia

Sangat jarang sekali pemain non-kiper (outfield) yang masih bermain di usia tersebut, di salah satu liga top Eropa. Kasus ini berbeda dengan Kazuyoshi Miura yang teken kontrak baru dengan Yokohama FC, meski usianya sudah berusia 51 tahun.

500 laga lebih sudah dimainkan Joaquin yang memulai debut sebagai pesepakbola profesional dengan Betis di tahun 2000. Torehan itu bahkan belum dicapai oleh beberapa pemain aktif senior di LaLiga. Per Desember 2018, Sergio Ramos menorehkan 445 laga, diikuti Raul Garcia (432), Messi (431), dan Aritz Aduriz (419).

Joaquin mencapai laga ke-500 dalam 89 tahun sejarah LaLiga. Kendati demikian, masih ada pemain-pemain ikonik lainnya yang telah pensiun dengan pencapaian laga yang lebih banyak, semisal: Andoni Zubizarreta (622 laga), Raul Gonzalez (550 laga), Eusebio Sacristan (543 gol), Paco Buyo (542 gol), Manolo Sanchis (523 laga), Iker Casillas (510 laga), dan Xavi Hernandez (505 laga).

Namun pencapaian di LaLiga itu hanyalah pemanis dalam karier panjang penilik nama lengkap Joaquin Sanchez Rodriguez. Bagi Anda (termasuk penulis) yang dahulu sering memainkan game bernama “Winning Eleven”, pastinya Anda mengingat jelas betapa enaknya memainkan Joaquin ketika dia membela Valencia atau timnas Spanyol.

Dribel dan kontrol bolanya yang bagus, serta umpan silangnya yang akurat, memudahkan tim dalam fase ofensif dan kemudian mencetak gol. Dengan kelebihan bermain yang sama, begitulah Quique Setien menggunakannya saat ini.

Breaking News Joaquin Real betis LaLiga Valencia Fiorentina Lionel Messi Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.175

Bagikan