Curhatan soal Kondisi Persib Bandung Jelang Tampil di Liga 1

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 31 Agustus 2021
Curhatan soal Kondisi Persib Bandung Jelang Tampil di Liga 1
Pelatih Fisik Persib, Yaya Sunarya. (Media Persib)

BolaSkor.com - Jadwal Persib Bandung di laga perdana Liga 1 2021/2022 beredar di media sosial. Sesuai dengan keterangan, tim berjulukan Maung Bandung itu akan menghadapi Barito Putera, Sabtu (4/9).

Akan tetapi, tidak disebutkan nama tempat digelarnya pertandingan yang mempertemukan Persib kontra Barito Putera. Hanya, laga tersebut digelar tepat pukul 20.30 WIB.

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya membenarkan jadwal yang beredar tersebut. Bahkan sesuai dengan apa yang disampaikan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) selaku manajemen Pangeran Biru.

"Tapi belum tahu ya kepastian jadwalnya, betul atau enggak nya, kita masih menunggu dan belum terima secara konfirmasinya," ungkap Yaya Sunarya di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Senin (30/8).

Baca Juga:

Ernando Ari Sutaryadi Menjawab Tantangan Mengawal Gawang Persebaya

BNPB Setuju Liga 1 2021/2022 Lanjut

Yaya Sunarya berharap segera mendapatkan jadwal pasti Persib di Liga 1 2021/2022. Sehingga timnya bisa mempersiapkan diri untuk bisa meraih kemenangan di laga perdananya.

"Kita mengharapkan kepastian dari Federasi mengenai jadwal yang disusun sampai season pertama, misalnya di klaster pertama. Karena dari jadwal sebelumnya, kita itu ada season satu sampai tiga ya, beda-beda tempat. Tapi kita enggak tahu, apakah tempatnya memang sama seperti yang direncanakan oleh LIB, kita gak tau," katanya.

Terkait mengenai kondisi pemain, Yaya Sunarya memastikan tidak akan mencapai 100 persen. Sebab persiapan yang dimiliki, cukup minim didapatkan.

Terbukti, Persib baru beberapa kali menjalani latihan bersama. Bahkan laga uji coba pun hanya baru bisa dilakukan satu kali dengan melawan Persib U-18 dan Persib U-20.

"Kondisi pemain kita, belum bisa bilang sudah dalam kondisi 100 persen, karena kita tahu sendiri persiapan tim ini. Kemudian ketika tim juga bisa latihan bersama masih bisa dibilang masih dini, jadi kita hanya buat latihan berdasarkan karakter pemain dengan skema yang kita siapkan supaya ada visi yang sama. Kalau pun nanti dalam latihan ada kondisi pemain yang bisa dibilang tidak siap setidaknya kita bisa antisipasi itu," bebernya.

Yaya lantas mencontohkan enam tim yang berlaga di pertandingan pertama Liga 1 2021/2022 seperti Bali United Mulai dari pemain Bali United, Persik Kediri, Persipura Jayapura, Persita Tangerang, Bhayangkara FC maupun Persiraja Banda Aceh.

Menurutnya, banyak pemain yang belum siap bertarung menghadapi pertandingan. Terbukti, beberapa di antara pemain mengalami kram.

"Itulah dampak dari kompetisi yang terhenti hampir dua tahun kompetisi tidak berjalan. Kemudian kompetisi mulai berjalan informasinya memang bisa dibilang tidak ada konfirmasi yang jelas karena di masa PPKM, tentunya susah bagi beberapa tim yang terkendala status zona di daerah tertentu. Misalnya Persib di masa PPKM yang levelnya sudah tiga, tapi kita masih menunggu kejelasan dari pemerintah untuk dapat izin latihan bersama."

"Dan kita bisa lihat di laga pertama ada beberapa pemain yang tidak siap untuk bertanding 90 menit dan itu menjadi bahan buat kita seandainya kita mengalami hal yang sama, karena yang saya bilang tadi untuk mengantisipasi jadwal latihan yang sudah rencananya kita main minggu depan kemungkinan kita hanya bisa memaksimalkan karakteristik pemain dengan kelebihannya, kemudian disatukan dengan satu visi apa yang kita inginkan dengan skema yang kita buat," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Liga 1
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan